Mohon tunggu...
Roisul
Roisul Mohon Tunggu... Kunjungi tulisan saya yang lain di roisulhaq.blogspot.com saat ini sedang menjadi Guru demi mendidik, mencerdaskan anak bangsa.

Menulis tak harus menunggu galau~

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ujian Nasional di Tengah Virus Corona, Begini Cara Kami Menjaga Diri

17 Maret 2020   11:44 Diperbarui: 17 Maret 2020   15:57 93 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ujian Nasional di Tengah Virus Corona, Begini Cara Kami Menjaga Diri
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tetap dilaksanakan di kabupaten Malang ditengah pemberitaan virus corona. Ilustrasi: Dokumen pribadi.

Dunia memang sedang diuji. Betapa tidak virus corona yang muncul di awal tahun tak kunjung hilang hingga saat ini. Bahkan kini virus tersebut telah mewabah ke Indonesia, terbaru Menteri dalam negeri bapak Tito Karnavian diindikasikan terkena virus tersebut namub belakangan stafsusnya membuat penyataan bahwa pak Tito negatif covid19.

Di berbagai daerah juga menyatakan untuk melock down daerah yang tersuspect covid19. Kegiatan menjadi terbatas.

Pun tak terkecuali juga dunia pendidikan merasakan dampaknya. Terbaru melalui surat Gubernur Jawa Timur, pemerintah daerah menyatakan untuk sementara kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah atau secara daring (online)

DOKPRI
DOKPRI
Melalui surat tersebut gubernur Jatim  menyampaikan bahwa seluruh tingkatan agar memberhentikan semestara kegiatan belajar tatap muka. Dalam tulisan tersebut juga disebutkan bahwa khusus bagi siswa SMK yang menghadapi Ujian Nasional tetap masuk.

Bagi kami sebagai sekolah yang penyelenggarakan ujian nasional ini adalah tantangan besar yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab oleh karena itu sekolah merespon cepat hal ini dengan melakukan bebeapa langkah.

Cuci Tangan ketika datang di sekolah

Hal ini dilakukan agar peserta ujian steril sebelum masuk ke dalam ruangan. Serta mengikuti instruksi dari pemerintah dan himbauan dari WHO dan UNICEF dalam upaya pencegahan menularnya virus corona.

Menyediakan sabun cuci tangan

Sabun cuci tangan  dapat mencegah kuman, hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya virus corona. Sebenarnya akan lebih bagus kalau ada hand sanitizer namun barang tersebut mengalami kelangkaan sekarang hingga tidak bisa disediakan oleh sekolah.

Tidak bersalaman

Salim/bersalaman sudah menjadi kebiasaan di lingkungan sekolah. Bahkan sebenarnya kami sudah mempunyai standart operasional prosedur (SOP) ujian nasional dimana peserta harus berbaris di depan kelas, masuk satu persatu kemudian bersalaman dengan pengawas dan proktor setelah itu baru mereka menempati kursi masing-masing dan bersiap melaksanakan ujian.

Demi menghindari dan mewaspadai segala kemungkinan maka standart tersebut dihilangkan. 

Bagi siswa sakit wajib memakai masker

Siswa yang sakit sangat berpotensi untuk terkena virus tersebut. Apalagi bagi siswa yang paikoginya sedang tertekan oleh ujian kemungkinan besar daya tahan tubuhnya yang rendah akan rentan terkena virus.

ilustrasi suasana ujian bagi siswa yang sedang sakit mereka wajib menggunakan masker. Sumber ilustrasi : kompas.com
ilustrasi suasana ujian bagi siswa yang sedang sakit mereka wajib menggunakan masker. Sumber ilustrasi : kompas.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x