Mohon tunggu...
Roisul H
Roisul H Mohon Tunggu... Mengagumi kesederhanaan Oemar Bakri, bercita-cita menjadi guru yang jujur, berdedikasi dan berbakti pada negeri.

Menulis tak harus menunggu galau~

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Tidur Sore Hari! Cara Keluargaku Memaknai Sehat itu Aset

17 November 2019   09:13 Diperbarui: 17 November 2019   09:18 0 2 0 Mohon Tunggu...
Jangan Tidur Sore Hari! Cara Keluargaku Memaknai Sehat itu Aset
Ilustasi: tertidur disore hari setelah kelelahan bekerja | sumber:liputan6.com

Tidur merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia untuk mengatur metabolisme tubuh. Seseorang yang jarang tidur atau tidak memenuhi standar kualitas tidur akan merasa  kurang bugar. Seingat saya waktu pelajaran olahraga kita dalam satu hari harus tidur selama kurang lebih 8. Dalam waktu 8 jam itu, tidur malam hari yang paling dianjurkan.

Setiap orang dapat menentukan waktu tidur setiap harinya mulai dari pagi,siang, sore, dan malam. Jika tubuh dalam kondisi lelah maka proses istirahat akan semakin cepat, namun di jaman modern seperti ini orang bisa terikat dengan pekerjaan kadang kala orang yang bekerja malam hari mengganti waktu tidurnya dipagi hari. Tidak sedikit orang memilih tidur (baca: tertidur) di sore hari setelah lelah beraktivitas. Kemudian baru bangun di malam hari. 

Sejak kecil memang saya sudah diwanti-wanti untuk tidak tidur disore hari, sepadat apapun kegiatannya, orang jawa bilang gak ilok, tidur diwaktu sore hari. Doktrin semacam ini melekat dalam diri saya sehingga menjadi sebuah kebiasaan. 

Itu dulu waktu kecil, aktifitas masih belum banyak, tanggungan juga tidak ada. ketika kecil yang dipikirkan hanya bermain dan tanpa beban.

Sekarang... sejak tidak lagi tinggal serumah dengan kedua orang tua dan sudah bekerja nampaknya mengatur waktu istirahat dan tidur adalah suatu yang belum mampu saya menejemen dengan baik. Sering kali saya ketiduran karena terlalu lelah, walau dalam hati ada sedikit niat untuk mencoba-coba tidur sore hari. 

Karena sudah keseringan tidur sore, saya mulai merasakan efeknya : malam menjadi sulit tidur, menjadi sering datang terlambat. hal yang tidak pernah saya temui ketika masih tinggal serumah dengan orang tua.

Akhirnya saya mencari tahu secara medis apa bahaya tidur di sore hari. Hal seperti ini harus segera dicarikan solusinya karena katanya sehat itu aset. Aset hanya bisa dijaga dengan sadar bahwa kesehatan perlu dijaga. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berdasar hal tersebut maka poin-poin penting bahaya tidur sore adalah sebagai berikut:

Menjadikan Linglung

Secara sederhana linglung dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang lupa segalanya. Seseorang yang sering tidur sore hari akan mengakibatkan daya ingatnya menurun. 

Mungkin pembaca pernah merasakan saat tidur sore kemudian terbangun pada saat malam hari. Biasanya orang akan merasakan suasana berbeda dari biasanya kemudian merasakan hilang ingatan sementara mengenai waktu.

Perpindahan dari sore ke malam membuat tubuh tidak menyesuaikan secara otomatis karena masih dalam kondisi tertidur. Satu pertanyaan yang sering diucapkan saat terbangun pada malam hari adalah hari apa dan jam berapa?

Oh pantas saja, sort memori saya jadi lemah, bahkan cenderung parah kadangkala saya lupa menaruh hp padahal barusan dipakai. Benar-benar tidak bisa dibiarkan kebiasaan tidur sore!

Bikin Lesu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x