Mohon tunggu...
Roisa Damayanti
Roisa Damayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas 17 Agustus 1945

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perangi Narkoba: Masa Depan Ada di Tangan Kita!

4 Juli 2022   21:25 Diperbarui: 4 Juli 2022   21:52 65 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Surabaya, 04 Juli 2022

Roisa Damayanti merupakan salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang sedang melakukan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Dyan Evita Santi, S.Psi., M.Si

Mahasiswa melakukan program KKN dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi di Rumah Sehat Orbit (SOS) Surabaya. Rumah Sehat Orbit Surabaya bekerjasama secara langsung dengan LPP Geofira yang dipimpin oleh Direktur Riza Wahyuni S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Pada kegiatan ini mahasiswa memberikan psikoedukasi dan sosialisasi mengenai topik "Kesehatan mental dan pengaruh buruk narkoba terhadap kehidupan seseorang". Topik kegiatan sosialisasi ini diambil karena masih banyaknya orang yang belum sadar dan mengetahui mengenai kesehatan mental dan bahaya serta pengaruh buruk dari penyalahgunaan NAPZA (Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif) itu sendiri. Pada kegiatan ini materi yang diberikan kepada peserta seputar apakah itu kesehatan mental, bagaimana ciri mental yang sehat dan tidak sehat, dampak buruk penggunaan narkotika, dan cara meningkatkan kesehatan mental agar hidup menjadi seimbang.

Sudahkah kita sebagai manusia dapat memanifestasikan hal yang positif di dalam hidup ?

Membentuk dan memanifestasikan hal positif dalam diri dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan mental dan menghindari perilaku menyimpang dalam diri seseorang. Banyak sekali perilaku menyimpang yang timbul di dalam lingkungan masyarakat salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba. Bahaya penyalahgunaan narkoba, tidak hanya berdampak kepada  pengguna melainkan penggunaan narkoba sangat  berpengaruh terhadap lingkungan sekitar, terutama keluarga.

Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna narkoba di Indonesia terus mengalami peningkatan. Data BNN tahun 2021 menyebutkan, terjadi peningkatan prevalensi pengguna narkoba di Indonesia sebesar 0,15 persen. Prevalensinya menjadi 1,95% atau setara dengan 3,66 juta jiwa.

Sebenarnya narkotika adalah obat legal yang digunakan dalam dunia medis atau kedokteran, namun saat ini narkotika banyak disalahgunakan. Bahkan kalangan muda tidak sedikit yang menggunakan narkotika.

Narkoba memberikan dampak negatif yang luar biasa terhadap anak muda. Selain dari segi kesehatan, masa depan  juga dapat terancam. Berani menyentuh narkoba berarti berani kehilangan masa depan. Penyalahgunaan narkotika dapat mengganggu segala hal di dalam kehidupan seperti gangguan kualitas hidup bahkan hancurnya masa depan seseorang.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda kian hari kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa di kemudian hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan