Mohon tunggu...
Roihan Haidar
Roihan Haidar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saat ini saya menjadi mahasiswa semester 3 di salah satu universitas di Surakarta

Memiliki minat dibidang fotografi dan videografi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Magang MBKM RRI Malang

31 Januari 2023   12:39 Diperbarui: 31 Januari 2023   12:41 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Selamat pagi, siang, sore atau malam. Kenalin saya Muhammad Roihan Haidar mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Program Studi Ilmu Komunikasi semester tiga yang baru saja menyelesaikan proses magang MBKM di Radio Republik Indonesia, Malang. Disini saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman bagaimana 4 bulan saya di RRI Malang. Mulai dari bagaimana saya bisa ikut program ini, sampai apa saja yang saya lakukan disana.

Mengapa saya bisa mengikuti magang sedangkan saya saat ini masih semester 3? Awalnya saya mendapatkan informasi dari ketua kelas perihal magang ini dan setelah saya pelajari syarat-syaratnya ternyata mahasiswa semester tiga dapat mengikuti magang ini, sebenarnya saya pesismis ketika mendaftarkan diri di program ini, sebab saya masih semester tiga dan saya pikir ini diprioritaskan untuk mahasiswa semester lima, ternyata saya lolos dan saya ditempatkan di Radio Republik Indonesia Malang.

Saya berangkat ke Malang tanggal 30 Agustus 2022 menggunkan sepeda motor dan memakan waktu 9 jam. Perasaan waktu itu campur aduk karena ini kali pertama saya motoran sejauh ini, dan ini juga pertama kalinya saya merantau.

1 September 2022 merupakan awal dari proses kegiatan magang, saat masuk magang saya ditempatkan dibidang pemberitaan. Sedikit gambaran, di LPP RRI Malang terbagi menjadi beberapa bagian Bidang Pemberitaan dan Bidang Siaran. Pada divisi pemberitaan tugasnya mmproduksi sebuah berita, baik berita voice maupun berita online. Sedangkan divisi siaran tugasnya dibidang penyiaran.

Programa siaran pun masih dibagi menjadi tiga bagian:

  • Programa 1
  • Merupakan program yang diperuntukan untuk segala usia. Jaringan ini terdiri dari beberapa stasiun regional di seluruh Indonesia. RRI Pro 1 memiliki slogan yaitu  “Saluran Inspirasi”.
  • Programa 2
  • Jaringan ini menyiarkan musik dan hiburan untuk remaja atau dewasa muda. RRI Pro 2 memiliki slogan yaitu "Suara Kreativitas". Rata-rata pendengar saluran PRO 2 adalah remaja dan dewasa muda di perkotaan, terutama usia 12-25 tahun. Dari segi konten, program radio ini lebih banyak mengangkat musik kekinian dan gaya pembawa berita yang menarik perhatian pendengar tipikal stasiun radio swasta umumnya.
  • Saluran Budaya
  • Seperti namanya, saluran ini menyajikan lagu-lagu daerah/lokal dan konten budaya.

Kegiatan saya selama magang bermacam-macam, mulai dari membuat berita PRO 2, mengirimkan berita ke News Library, membuat poster, menjadi Gatekeeper, mengedit audio dari reporter, merekap berita bulanan reporter, rekaman majalah udara kentongan, menjadi panitia acara HUT RRI Ke 72, mencari voxpop atau pendapat masyarakat, mengikuti dialog luar studio

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun