Mohon tunggu...
Rohmat Bastian Megantoro
Rohmat Bastian Megantoro Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Rohmat Bastian Megantoro Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Membersihkan Masjid dari Kuman dan Virus di Masa Pandemi

4 Juli 2020   13:24 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:03 56 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membersihkan Masjid dari Kuman dan Virus di Masa Pandemi
img-20200627-170201-5f017380097f362c4e778613.jpg

Berbagai kegiatan program kerja dari KKN Covid 19 UNS telah dilakukan di lingkungan RT 03/RW 04 Komp. Masjid Miftahul Jannah Surau Balai Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji. Kegiatan dilakukan mulai dari 15 Mei-30 Juni 2020. Kegiatan KKN dilakukan oleh mahasiswa bernama Rohmat Bastian Megantoro dari prodi Agribisnis 2017 dilaksanakan secara daring dan secara luring. Program kerja dilakukan dengan membagikan video yang berkaitan tentang kebersihan Masjid. Selain dilakukan melalui daring, ada program kerja yang dapat dilakukan langung ke warga, pembagian masker dan Hand sanitizer dengan memberikan pembekalan tentang kesehatan kepada masyarakat. Program yang dilakukan secara langsung tetap mengikuti protokol kesehatan.Tujuan utama dari semua program yang lakukan adalah untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat  pandemi. Hal ini karena potensi masyarakt lingkungan RT 08/RW 03 Kelurahan Anduring yang masih banyak yang belum mengetahui tentang bahaya Covid 19 dan cara antispasi agar tidak terjangkit virus ini. Mahasiswa bimbingan Bapak Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc ini melaksanakan KKN di era pandemik Covid-19 kurang lebih 1,5 bulan di wilayah tersebut.

Mahasiswa memberikan informasi dan edukasi online melalui sosial media yang dimiliki, seperti Instagram dan Whatsapp. Sejumlah topik dan tema yang sedang hangat di masyarakat menjadi bahan postingan yang dibagikan kepada masyarakat. Tema -- tema yang dibahas dan diposting di media sosial diantaranya, tetap berkomunikasi dimasa Pandemi, Antibody dan penanganan Virus, New Normal, Novel Coronavirus, Cara tubuh melawan Covid 19, dan Persiapan New Normal di tempat umum. 

Mahasiswa juga menggunakan media Youtube guna sosialisasi masalah Covid 19, salah satunya dengan sosialisasi video dengan judul "cara membuat cairan disinfektan di rumah dengan mudah". Video ini menjelaskan mulai alat dan bahan yang dibutuhkan, cara pembuatan cairan disinfektan, sampai tempat -- tempat atau peralatan di masjid atau rumah yang penting untuk di semprot disinfektan, seperti kran, gagang pintu, dan pagar. Mahasiswa juga terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta melakukan pembagian masker dan hand sanitizer dengan melakukan edukasi langsung kepada masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x