Mohon tunggu...
Dede Isfa
Dede Isfa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Literasi Buku Fiksi Dalam Novel Serial Bumi

14 September 2022   09:40 Diperbarui: 14 September 2022   10:22 333 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Literasi secara umum merujuk kepada kemampuan dan ketrampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung dan lainnya yang berhubungan erat dengan kemampuan bahasa. Secara etimologis, literasi berasal dari bahasa latin "literatus" yang berarti orang yang belajar. Menurut Harvey J. Graff, literasi merupakan kemampuan yang dimiliki dalam diri setiap orang untuk membaca dan menulis.

The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyampaikan bahwa literasi merupakan seperangkat ketrampilan nyata terutama ketrampilan dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks yang mana ketrampilan itu diperoleh serta yang memperolehnya.

Adanya literasi dapat membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan membaca berbagai informasi yang bermanfaat. Selain itu literasi juga dapat membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil keputusan dari informasi yang telah dibaca.

Banyak orang yang merasa membaca buku merupakan aktifitas yang cukup sulit, membosankan dan terkesan monoton. Membaca buku juga dianggap tidak menyenangkan sehingga tidak sedikit pula yang membencinya. Padahal memiliki kebiasaan membaca mampu merangsang segala saraf otak untuk bekerja lebih baik dan lebih terasah, menurunkan kadar hormon kortisol yang memicu stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Membaca buku tidak hanya bermanfaat untuk menambahkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan otak tetapi membaca juga ternyata memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental pembaca.

Studi dari University of Sussex Inggris membuktikan bahwa membaca buku dapat menurunkan stress yang cukup tinggi  hingga 68 persen. Para peneliti membuktikan setidaknya dalam waktu menit manusia akan mengalami penurunan detak jantung maupun ketegangan otak.

Membaca terbukti mampu menempatkan otak dalam keadaan seperti trans yang menyenangkan sama halnya seperti mediasi sehingga memberi manfaat kesehatan sama dengan relaksasi dan ketenangan batin. Bagi sebagian orang, membaca menjadi ritual tersendiri untuk pengantar tidur. Kebiasaan seperti ini mampu merilekskan pikiran dan istirahat menjadi lebih berkualitas.

Pada dasarnya membaca buku merupakan hobi yang positif dan sangat berguna, baik buku fiksi maupun buku non-fiksi. Namun, membaca buku atau novel fiksi sering dianggap sebagai hobi yang remeh dan tidak memiliki manfaat karena isinya berupa kisah yang berpatok pada rekaan penulis semata sehingga dianggap tidak memberikan ilmu.

Membaca novel fiksi mengajarkan rasa empati kepada orang lain karena ketika membaca tentang suatu situasi atau perasaan maka diri kita sendiri yang seolah-olah merasakannya. Membaca buku fiksi juga menjadi cara yang baik untuk mengingat informasi dalam jangka panjang. Bahkan sudah ada peneliti yang membuktikan bahwa orang yang gemar membaca akan mengalami penurunan memori yang lebih lambat.

Membaca buku fiksi mengajak kita berpetualang dalam dunia khayalan yang penuh dengan pelajaran hidup. Keith Oatley, profesor emeritus psikologi kognitif di University of Toronto menjelaskan bahwa membaca menghasilkan semacam simulasi realitas yang berjalan dibenak pembaca seperti simulasi komputer. Sedangkan, novel fiksi merupakan simulasi yang sangat berguna dalam menimbang banyak sekali contoh interaksi sebab dan akibat dunia sosial yang sangat rumit secara efektif.

Media The New Yorker menyatakan membaca fiksi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan istirahat dan melepaskan rasa penat. Salah satu buku fiksi yang dapat dibaca adalah buku novel serial Bumi. Buku ini terdari dari beberapa novel yang akan saling berkaitan satu dengan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan