Mohon tunggu...
ROHMAH WATISPd
ROHMAH WATISPd Mohon Tunggu... ROHMAH WATI

seorang guru TK TA IV POTROYUDAN JEPARA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pentingnya Memberikan Pengalaman Nyata dan Pembelajaran Melalui Praktik Langsung pada Anak Usia Dini

22 November 2020   08:01 Diperbarui: 22 November 2020   10:38 59 1 1 Mohon Tunggu...

Pentingnya memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran melalui praktik langsung pada  Pendidikan Anak Usia Dini

Dokpri
Dokpri
Anak – anak adalah sosok yang unik, mereka memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya. Anak usia dini adalah anak yang berada pada masa potensial,bersifat aktif dan energik berjiwa petualang dan memiliki rasa ingin tahu yang kuat.

Dalam mendukung masa potensialnya kita sebagai pendidik haruslah memahami betul apa yang menjadi kebutuhan dalam belajar mereka agar seluruh aspek perkembangan terpenuhi. 

Memberikan pembelajaran – pembelajaran yang menarik bagi anak adalah salah satu contoh konkrit sebagai bukti bahwa kenyataannya anak – anak lebih menyukai hal – hal yang sifatnya menyenangkan bagi mereka. 

Suatu pembelajaran  monoton yang kita tampilkan pada anak akan memberikan efek jenuh dan berdampak anak tidak efektif menyerap ilmu, penjelasan yang kita berikan pada mereka.

Pentingnya memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran melalui praktik langsung  bagi anak membawa dampak positif bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Anak dapat membangun pengetahuannya melalui kegiatan mengamati apa yang mereka lihat , mencoba apa yang mereka ingin ketahui , dan menyimpulkan informasi apa dari yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut.

Seperti gambar di atas adalah  contoh – contoh pemberian pengalaman nyata untuk Pendidikan Anak Usia Dini melalui kegiatan praktik langsung. Gambar tersebut adalah potret pembelajaran kami di TK TA IV Potroyudan Jepara. 

Kami sering mengajak anak untuk outingclass dan mengajak anak untuk praktik langsung. Dalam gambar tersebut kami memperkenalkan anak pada tanaman melalui kegiatan praktik langsung cara menanam biji cabe dan terong di  toko tanaman “ Omah ijo”  , Jepara Jawa Tengah. 

Anak – anak terlihat lebih senang jika mereka bereksplorasi langsung, mencoba untuk belajar menanam biji cabe. Hal itu membuktikan bahwa pemberian pengalaman nyata melalui praktik langsung memang efektif untuk menumbuhkan pengetahuan baru bagi anak, menjawab tentang rasa keingintahuan pada anak. 

Kami juga sering mengajak anak - anak unttuk mengunjungi tempat - tempat yang bisa dijadikan edukasi bagi mereka. Kami melakukan kunjungan luar / outing class secara terjadwal dan kami sesuaikan dengan tema yang ada pada kegiatan belajar mengajar. 

Kami berkomitmen akan berusaha untuk memberikan pembelajaran yang menarik bagi anak, memberrikan inovasi – inovasi baru dalam pembelajaran agar anak merasa nyaman berada di sekolah. Kenyamanan yang mereka rasakan selama belajar dan bermain akan menunjang keberhasilan dalam memberikan ilmu bagi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x