Mohon tunggu...
Rohim
Rohim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

"MOTTO" ciptakan produk Penuhi kebutuhan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apakah Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi?

28 September 2022   20:17 Diperbarui: 28 September 2022   20:22 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Untuk dapat mengatakan bahwa "apakah agama menjadi dasar dari sistem ekonomi yang berlaku", maka kita perlu mengenal terlebih dahulu hubungan antara agama dengan sistem ekonomi.

Disini kita akan membahas tentang hubungan antara agama dengan sistem ekonomi kapitalis. Sistem ekonomi sosialis, dan sistem ekonomi syariah.

1. Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang dalam penerapannya, setiap individu diberikan kebebasan dalam melakukan usahanya, dan pemerintah hanya berperan sebagai pengawas. Keuntungan yang diperoleh dari menganut sistem ekonomi kapitalis adalah setiap individu berhak untuk memperkaya diri sendiri. Namun dari sini, muncullah kesenjangan ekonomi antara masyarakat kaya dan masyarakat miskin.

Sistem ekonomi kapitalis menganut paham liberal, yang mana semua individu bebas untuk menganut agamanya masing masing.

2. Sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi yang dalam penerapannya, semua sektor sistem ekonomi diatur langsung oleh pemerintah, dan masyarakat hanya menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Keuntungan yang diperoleh dari menganut sistem ekonomi ini adalah tidak ada kesenjangan ekonomi antara masyarakat dalam negara tersebut. Namun hal itu menyebabkan kurangnya inovatif dan kreativitas dalam menciptakan produknya sendiri.

Sistem ekonomi sosialis menganut paham komunis, yang mana semua individu dilarang keras untuk menganut agamanya masing masing. Hal ini dianggap sebagai penghambat terbesar dalam penerapan sistem ekonomi sosialis.

3. Sistem ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang dalam penerapannya, Al-Qur'an dan hadits yang menjadi pedoman agama Islam, juga dijadikan sebagai dasar dalam semua sektor kegiatan perekonomian syariah. Agama Islam dijadikan sebagai dasar sistem ekonomi syariah. Contohnya, sistem ekonomi syariah mengharamkan riba sebagaimana hal itu juga diharamkan dalam agama Islam.

Jadi dapat disimpulkan bahwa agama dapat dikatakan sebagai dasar sistem ekonomi, dan juga tidak dapat dikatakan sebagai dasar sistem ekonomi. Hal ini karena agama Islam dijadikan sebagai dasar sistem ekonomi syariah, akan tetapi agama juga tidak dijadikan dasar dari sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis.

Namun yang menjadi kesamaan dari hubungan agama dengan ketiga sistem ekonomi itu adalah agama sangat mempengaruhi penerapan dari sistem ekonomi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan