Mohon tunggu...
Rohany aprisilia
Rohany aprisilia Mohon Tunggu... seorang mahasiswa

anycanz

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pengalaman Seru Belajar bersama Maestro dari Kemdikbud

2 Maret 2021   23:35 Diperbarui: 3 Maret 2021   00:04 80 2 0 Mohon Tunggu...

hai! perkenalkan nama saya Rohany Aprisilia mahasiswa S1 STP Trisakti . saya merupakan salah satu mahasiswa penerima beasiswa unggulan dari kemdikbud. semoga tulisan saya dapat bermanfaat bagi tiap mata yang membacanya.  kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman dan penjelasan mengenai " Belajar Bersama Maetsro" atau sering disingkat menjadi "BBM" .

Belajar Bersama Maestro (BBM) merupakan sebuah wadah bagi para peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses kreatif dan keseharian para Maestro Indonesia. Melalui kegiatan ini, saya memiliki kesempatan untuk berinteraksi tatap muka dan memperoleh pelajaran hidup yang berharga dari kehidupan Maestro. 

Selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman didik mengenai seni dan kebudayaan,  Belajar Bersama Maestro juga diharapkan mampu membentuk dan memperkuat jati diri tiap peserta didik sebagai penentu karakter bangsa di masa depan. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin sejak 2015 hingga sekarang yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Melalui kegiatan ini, tentunya peserta didik diberi kesempatan untuk tinggal bersama dengan Maestro atau dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggal Maestro. dengan diberikannya kesempatan tinggal dan belajar langsung pada tiap maestro yang dipilih akan memberikan pengalaman seru dan beda dari kegiatan lainnya. menurut saya kegiatan ini sangat membentuk karakter bangsa dengan cara yang unik dan diberikan waktu yang lumayan lama dan sangat amat bermanfaat untuk 14 hari. 

pada tahun 2018 saya di terima pada maestro pilihan saya yaitu Ni Ketut Arini maestro tari bali. tentunya sangat menyenangkan bisa diberikan kesempatan belajar tarian dan budaya baru yang menjadi tempat terbaik di indonesia. dan kegiatan ini khusus untuk anak SMA & SMK di setiap sudut indonesia tanpa dipungut biaya! ya dibiayai ongkos dan diberi uang saku, luarbiasa bukan Kemdikbud kita? 

dengan banyak pilihan maestro di indonesia seperti maestro tari, maestro seni rupa, maestro seni pertunjukan, maestro seni musik, maestro media dan masih banyak lagi. dengan tiap maestro yang berbeda beda di setiap kota besar diindonesia dengan kegiatam yang disusun gak kaleng - kaleng. 

Dokpri
Dokpri
pada saat tanggal 1 juli 2018 saya terbang ke bali untukmengikuti kegiatannya, dibandara kami dijemput untuk masing-masing ketempat maestro yang telah dipilih. dari awal hari pertama kami di perkenalkan degan tari dasar bali baik untuk yang cewek ataupun yang cowok. 

disediakan makanan khas bali yang enakk banget, belum lagi kami menghadiri beberapa pentas seni tari dan drama di bali yang dibimbing oleh maestro kami dan kami pun belajar dari pengalaman dan kegiatan maestro kami dibidangnya. 

super baik sekali maestro kami saat mengajarkan kami dari segala penjuru provinsi di indonesia . pada saat itu saya sangat merasa bersyukur bisa menjadi salah satu orang beruntung yang terpilih dari  3000 lebih peserta pendaftar di seluruh indonesia dengan kuota terpilih hanya 300 orang . 

melalui kegiatan ini kami menjadi terinpirasi, mempunyai integritas dan mentalitas dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan mampu mengaktualisasikan pengalaman berharga tinggal bersama maestro kepada orang lain melalui berkesenian. 

tak hanya belajar kami pun diberikan waktu bersantai dan senam tiap pagi , pada saat itu saya merasa punya keluarga baru dibali hihi, tak hanya itu akhirnya pun kami paham akan budaya baru dan kehidupan baru dengan cara bersosialisasi di tempat baru tentunya. menurut saya kegiatan ini merupaka wadah pengembangan anak yang sangat baik, kesempatan bagi setiap anak bangsa di pelosok negara ini yang berhak dan dapat belajar hal baru dengan cara baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x