Mohon tunggu...
Rofinus D Kaleka
Rofinus D Kaleka Mohon Tunggu... Orang Sumba. Nusa Sandalwood. Salah 1 dari 33 Pulau Terindah di Dunia. Dinobatkan oleh Majalah Focus Jerman 2018

Orang Sumba, Pulau Terindah di Dunia

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Nadine Chandrawinata Sambangi Tanah Kodi di Pulau Sumba

3 Desember 2019   21:01 Diperbarui: 3 Desember 2019   21:09 0 1 0 Mohon Tunggu...
Nadine Chandrawinata Sambangi Tanah Kodi di Pulau Sumba
Foto rofinus dk

Siapa yang tidak kenal dengan Nadine Chandradinata? Dia adalah gadis jangkung nan cantik mantan Putri Indonesia.

Belum lama ini Nadine sempat menyambangi tanah Kodi di Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba. Nadine ke Tanah Nale Bumi Pasola ini dalam rangka mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan yaitu pengembangan kaca sinar atau solar cell sebagai pembangkit tenaga listrik tanpa bahan bakar minyak bumi di Desa Billa Cenge, Kecamatan Kodi Utara. Solar cell ini berkekuatan 1,1 mega watt dan telah dikonekkan dengan PLN setempat.

Pengembangan solar cell di Sumba memang sedang digalakkan untuk mewujudkan Pulau Sumba sebagai iconic island yang diharapkan akan terbebas dari penggunaan bahan bakar fosil yang menyebabkan polusi udara.

Di samping mendukung pengembangan solar cell, Nadine juga rupanya datang ke Sumba dalam rangka promosi mobil listrik. Mobil yang dipromosikannya sebagaimana terlihat dalam foto Nadine dan Bupati Sumba Barat Daya, dr Kornelius Kodi Mete di atas.

Foto rofinus dk
Foto rofinus dk
"Sebagai orang muda, saya sangat mendukung pembangunan yang ramah lingkungan. Sebab lingkungan kita sudah mengalami polusi yang sangat tinggi. Menyebabkan panas bumi makin tinggi. Juga menyebabkan timbulnya berbagai penyakit baru," tutur Nadine saat diwawancarai wartawan di lokasi solar cell yang memanfaatkan lahan seluas dua hektar.

Kedatangan Nadine di tanah Kodi bersama dengan tim produsen mobil listrik dan tim Kementerian Riset dan Teknologi RI. 

Nadine dan rombongannya saat di lokasi solar cell pagi itu didampingi oleh Bupati SBD. Sekitar satu setengah jam berada di Kodi, mereka kembali ke Tambolaka, tepatnya di Kantor PLN untuk mengikuti acara selanjutnya.

VIDEO PILIHAN