Mohon tunggu...
Rofinus D Kaleka
Rofinus D Kaleka Mohon Tunggu... Insinyur - Orang Sumba. Nusa Sandalwood. Salah 1 dari 33 Pulau Terindah di Dunia. Dinobatkan oleh Majalah Focus Jerman 2018

Orang Sumba, Pulau Terindah di Dunia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Profisiat untuk Kompasianer Peraih K-Rewards

29 Maret 2018   13:31 Diperbarui: 29 Maret 2018   13:43 888
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program K-Rewards periode 23 Februari s/d 23 Maret 2018 telah berakhir. Nama para Kompasianer yang berhak menerima penghargaan dari program K-Rewards telah diumumkan. Tentu sudah final. Kalau belum final, tentu belum diumumkanlah. Juga sudah mengikat. Seperti putusan MK saja: Final dan Mengikat.

Sebagai Kompasianer yang baik, perlu saya angkap topi untuk pengelola Kompasiana yang telah meluncurkan program tersebut. Dan sebagai sahabat Kompasianer yang baik, perlu juga saya menyampaikan Selamat atau Profisiat kepada para sahabat yang berhak menerima penghargaan program K-Rewards tersebut. Bagi-bagi pulsa dong! Hehehehehe.

Membaca komentar beberapa Kompasianer, sebagai respon atas pengumuman K-Rewards tersebut, ada yang senang-senang saja, ada yang memberi selamat, dan ada juga yang agak sedikit kecewa. Mengapa ada yang kecewa karena sesuai catatan mereka sesuai persyaratan Kompasiana sendiri, mereka memenuhinya dan seharusnya berhak menerima penghargaan K-Rewards.

Persyaratan dari Kompasiana adalah view atas artikel para Kompasianer selama program K-Rewards berlangsung, baik yang baru maupun yang lama minimal 5.000. Selain itu, Kompasianer juga sudah terverifikasi hijau. 

tangkapan gambar pribadi
tangkapan gambar pribadi
Memenuhi Persyaratan View

Saya sendiri, termasuk yang belum beruntung mendapatkan penghargaan K-Rewards. Tapi sejujurnya saya tidak kecewa sama sekali. Malah saya merasa lucu saja, karena ternyata bukan hanya saya saja yang tidak dapat.

Sebagai gambaran para sahabat Kompasianer, selama program K-Rewards berlangsung, saya mengunggah 34 buah artikel baru. Sesuai daftar tabel yang saya buat sendiri, sampai hari terakhir 23 Maret, posisi saya masih di Yogyakarta, jumlah view yang saya peroleh untuk artikel baru saya yaitu 17.063. Sedangkan jumlah view untuk artikel lama saya, terhitung sejak program K-Rewards dimulai sampai hari terakhir, yaitu 5.444. Sehingga total view untuk artikel saya tersebut yaitu 22.507 =(17.063 + 5.444).

tangkapan gambar pribadi
tangkapan gambar pribadi
Saat saya menghitung jumlah view artikel saya itu, anak saya yang sedang kuliah di sana, masih tertawa lucu. "Bapa ini cari kerja. Kompasiana sudah ada program perhitungan otomatisnya. Buat apa capai-capai lagi. Pengelola Kompasiana itu kumpulan para profesional," demikian kata anak saya. Dinasehati begitu, saya menghentikan perhitungan manual tersebut, sehingga totalnya hanya demikian itu saja. Artinya, sebetulnya masih bisa lebih sedikit lagi.

Dari total view tersebut, sangat terang benderang bahwa saya termasuk Kompasianer yang memenuhi view yang dipersyaratan oleh Kompasiana. Ini dari sisi view lho!

Mengapa Tidak Kecewa?

Mengapa saya tidak kecewa? Ada beberapa alasan cukup mendasar. Pertama, saya adalah Kompasianer pendatang baru. Belum genap tiga bulan. Jadi saya belum tahu persyaratan teknis di Kompasiana ini. Contohnya, apakah saya ini sudah termasuk Kompasianer yang terverifikasi hijau? Sampai saat ini juga saya belum tahu. Saya hanya menulis-menulis dan unggah-unggah saja. Urusan verifikasi hijau atau belum atau tidak, kewenangan mutlak ada di pengelola Kompasiana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun