Mohon tunggu...
Choirul Huda
Choirul Huda Mohon Tunggu... Kompasianer sejak 2010

Penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang hobi reportase untuk menulis catatan harian, musik, olahraga, fiksi, dan sebagainya. @roelly87 (www.roelly87.com)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

APP Sinar Mas Sambut Asian Games 2018 dengan Kampanye #UntukmuIndonesiaku

21 Agustus 2018   09:46 Diperbarui: 21 Agustus 2018   10:18 367 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
APP Sinar Mas Sambut Asian Games 2018 dengan Kampanye #UntukmuIndonesiaku
Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, Director APP Sinar Mas APP Suhendra Wiriadinata, Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal, dan segenap elemen menerbangkan balon tanda dukungan penuh untuk Asian Games 2018

SIANG itu, langit ibu kota tampak cerah. Dari kawasan Senayan, saya menuju Sinar Mas Land Plaza Tower 2, Jalan Muhammad Husni Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/8).

Ketika sampai di salah satu gedung tertinggi di ibu kota ini, tampak sudah ramai. Sekitar ratusan karyawan Sinar Mas memadati panggung yang ada di halaman. 

Di lobi, terdapat beberapa rekan Kompasianer --julukan blogger Kompasiana-- yang sudah kumpul. Termasuk, Novita Mustika yang mewakili admin Kompasiana.

Ya, kehadiran kami untuk mengikuti Kompasiana On Loc bersama Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas. Bagi saya, ini kali pertama mengikuti acara yang diselenggarakan Kompasiana sepanjang 2018.

Untuk tahun-tahun sebelumnya lumayan rutin mengingat saya tergabung cukup awal pada 2010, silam. Namun, karena kesibukan sehari-hari di lapangan membuat saya kurang aktif di Kompasiana.

Pengunjung menyaksikan berbagai foto koleksi APP Sinar Mas terkait dukungan terhadap Asian Games 2018
Pengunjung menyaksikan berbagai foto koleksi APP Sinar Mas terkait dukungan terhadap Asian Games 2018
Usai bersilaturahmi sejenak, kami pun menuju lantai atas gedung yang disambut perwakilan Sinar Mas Group. Yaitu, Corporate Affairs Communication APP Sinar Mas Emmy Kuswandari, Gustaf Rantung (Fire Data and Information Technology Manager APP Sinar Mas), dan Suhendra Wiriadinata (Director APP Sinar Mas).

Untuk event yang diselenggarakan Sinar Mas atau APP Sinar Mas, saya sudah tidak asing. Karena beberapa kali meliput baik sebagai blogger atau jurnalis olahraga. Bisa dipahami mengingat APP Sinar Mas merupakan mitra utama Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC).

Tepatnya sebagai official partners lewat APP Sinar Mas dan official licensing (Sinar Mas). Tak heran jika APP Sinar Mas sangat gencar memberikan dukungan terhadap pesta olahraga antar negara Asia ini. Misalnya, ketika INASGOC menyelenggarakan "Torch Relay" di Indonesia sejak 17 Juli lalu hingga finis di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8) yang bertepatan dengan opening ceremony Asian Games 2018.

Selain itu, APP Sinar Mas melalui brand Sinar Dunia (SiDU) menginisiasi Sejuta Dukungan untuk atlet Indonesia. Yaitu, dengan mengumpulkan tulisan dari ratusan siswa Sekolah Dasar demi memotivasi wakil Merah-Putih yang akan berlaga di Asian Games 2018 dalam acara di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kamis (26/7).

*          *          *

"APP Sinar Mas sangat mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 demi suksesnya Indonesia sebagai tuan rumah. Selain jadi mitra resmi, APP Sinar Mas juga membangun beberapa gelanggang olahraga serta venue. Ini sebagai komitmen perusahaan terhadap negeri," kata Suhendra dalam diskusi hangat bersama Kompasianer yang hadir.

Gustaf Rantung mengajak segenap Kompasianer ke ruangan pemantauan APP Sinar Mas
Gustaf Rantung mengajak segenap Kompasianer ke ruangan pemantauan APP Sinar Mas
Pernyataan  dari alumni Universitas Indonesia ini beralasan. Kebetulan,  sebagai jurnalis olahraga yang sudah meliput persiapan Asian Games 2018 sejak Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah pada 2014 lalu, mencatat berbagai kontribusi dari APP Sinar Mas dan Sinar Mas Group. Beberapa di antaranya:
  1. APP Sinar Mas merupakan mitra resmi INASGOC dengan mengucurkan dana empat juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 58 miliar. Kebetulan, saya meliput langsung penandatanganan yang dilakukan Ketua INASGOC Erick Thohir dengan Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistyanto yang disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 6 Desember lalu.
  2. Memberikan 20 ribu rim kertas Sinar Dunia (SiDU) dan 5.000 pak tisu kepada INASGOC sebagai produk resmi Asian Games 2018.
  3. Pembangunan Pusat Bowling Jakabaring, Palembang senilai Rp 27 miliar.     
  4. Renovasi 16 Gelanggang Olahraga (GOR) di Jakarta.
  5. Investasi APP Sinar Mas untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan selama Asian Games 2018 dengan nilai lebih dari Rp 50 miliar. Ini di luar investasi tahunan yang berkisar lebih dari ratusan miliar.

Pertanyaannya, kenapa APP Sinar Mas rela menggelontorkan dana besar-besaran demi Asian Games 2018 yang hanya berlangsung dua pekan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN