Mohon tunggu...
nur rochmahcandra
nur rochmahcandra Mohon Tunggu... diurnal people

mahasiswa pendidikan biologi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mengupas Tuntas Biji Nigella sativa (Habbatussauda)

26 Desember 2019   15:13 Diperbarui: 26 Desember 2019   15:20 227 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengupas Tuntas Biji Nigella sativa (Habbatussauda)
habbatussauda-5e0469ccd541df41b2486302.jpg

Nigella sativHal ini didasari oleh pengetahuan dan keyakinan masyarakat terhadap sabda Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa " Habbatus sauda' (N. sativa) adalah obat dari segala penyakit kecuali kematiaa merupakan tanaman yang sudah sering digunakan sebagai pengobatan alami dan dipercaya memiliki khasiat pengobatan yang sangat banyak. n".

Jinten Hitam ini memiliki banyak manfaat, antara lain

1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Kandungan yang menghambat pertumbuhan bakteri tersebut paling banyak berada pada fraksi n-heksana (non polar) yang sebagian besar terdiri dari minyak atsiri.

2. Meningkatkan bakteri probiotik

Penggunaan antibiotik yang dikombinasikan dengan jintan hitam meningkatkan jumlah bakteri probiotik. Meningkatnya jumlah bakteri probiotik berbanding lurus dengan meningkatnya derajat keasaman usus, suasana asam menghambat pertumbuhan bakteri patogen usus. Kandungan jintan hitam dapat menetralkan efek dari pemberian antibiotik sehingga bakteri probiotik meningkat.

3. Melawan infeksi

Habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Hal ini dibuktikan dari suatu penelitian yang menunjukkan bahwa obat herba ini mampu membasmi virus penyebab hepatitis C, HIV, dan flu. Habbatussauda pun terlihat dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga dianggap mampu melawan infeksi.

4. Melindungi hati

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa jintan hitam dapat mencegah kerusakan organ hati. Manfaat ini terkait dengan kandungan antioksidan pada jintan hitam yang memiliki fungsi antiperadangan.

5. Mencegah kanker

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x