Mohon tunggu...
Muhammad Robith Adani
Muhammad Robith Adani Mohon Tunggu... Lainnya - SEO Content Writer di Sekawan Studio

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Angkatan 2018 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Bekerja sebagai SEO Content Writer.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Kecanduan Gadget terhadap Capaian Prestasi Siswa

25 Juli 2021   17:11 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:14 35 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ketergantungan akan perangkat mobile atau sering disebut dengan istilah "kecanduan gadget" menjadi salah satu masalah di era digitalisasi saat ini. Tentunya, penggunaan smartphone juga membawa dampak positif dan negatif bagi tiap orang. Perlu adanya kontrol dan pengawasan lebih dari pihak orang tua terhadap anak dalam pemanfaatan gadget agar tidak disalahgunakan untuk hal yang kurang bermanfaat.

Oleh karena itu, salah satu program kerja dari tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) UM 2021 Desa Sekarbanyu adalah mengadakan sosialisasi mengenai pengaruh dan dampak negatif dari kecanduan gadget pada anak. Untuk sasaran utama proker kami adalah siswa SD Sekarbanyu 03 mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Sehubungan dengan diberlakukannya PPKM darurat, maka proker yang kami kerjakan dilakukan secara daring dan melalui online meet menggunakan Google Meet. Tim penanggung jawab dari proker ini adalah Admiral Athorid Mahardika dan Annisa Iffa Rohida. Pelaksanaan sosialisasi ini telah mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah untuk dilakukan secara online pada hari Jum'at, 16 Juli 2021 mulai pukul 08.00 - 09.00 WIB.

sosialisasi proker bersama siswa sd sekarbanyu 03
sosialisasi proker bersama siswa sd sekarbanyu 03

Proses penyampaian materi dapat dilaksanakan secara baik dan tidak ada kendala koneksi internet. Dimana, materi yang dimuat berisi mengenai pengertian "apa itu kencanduan gadget", ciri - ciri, dampak dari penggunaan smartphone secara berlebihan, serta cara mengurangi penggunaan smartphone untuk hal yang kurang bermanfaat.

presentasi materi
presentasi materi "kecanduan gadget" proker kkn um desa sekarbanyu

Setelah penyampaian materi, siswa SD Sekarbanyu 03 juga memperhatikan cuplikasi video animasi seorang anak yang bermain hp secara berlebihan, sehingga menyebabkan menurunnya hasil prestasi belajar. Dari hasil materi dan video yang telah diperlihatkan, maka dampak dari penggunaan gadget secara berlebihan dapat membawa efek negatif tidak hanya bagi personal saja, namun juga bagi pendidikan, kesehatan, hingga lingkungan sekitarnya.

Dari hasil presentasi yang telah dilakukan, cara paling efektif untuk mengurangi kecanduan bermain gadget adalah dengan memperbanyak aktivitas bermain di luar bersama teman-teman, mematikan hp sebelum tidur, dan mengatur jadwal penggunaan smartphone untuk setiap harinya.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan