Mohon tunggu...
Muhammad Robith Adani
Muhammad Robith Adani Mohon Tunggu... SEO Content Writer di Sekawan Studio

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Angkatan 2018 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Bekerja sebagai SEO Content Writer.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Pengenalan Jenis Sampah KKN UM di Desa Sekarbanyu

22 Juli 2021   22:11 Diperbarui: 22 Juli 2021   22:24 35 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Pengenalan Jenis Sampah KKN UM di Desa Sekarbanyu
Pengenalan jenis sampah (dokpri)

Kesadaran tentang pengolahan maupun pemilahan sampah menjadi hal yang penting saat ini. Dimana, masih banyak individu yang belum menerapkan pola hidup sehat atau disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya. Terkait dengan isu tersebut, maka KKN (Kuliah Kerja Nyata) UM 2021 Desa Sekarbanyu melaksanakan program kerja mengenai sosialisasi pengenalan jenis sampah untuk siswa SD Sekarbanyu 01.

Tim penanggung jawab untuk melaksanakan program kerja ini adalah mahasiswi Universitas Negeri Malang yang bernama Jihan Fathurochman dan Citra Dewi Anggraini. Pelaksanaan proker dilaksanakan secara daring atau online menyesuaikan dengan ketentuan pemerintah pusat mengenai aturan PPKM darurat se Jawa-Bali.

Sehingga, metode paling efektif untuk mengerjakan sosialisasi ini adalah memanfaatkan aplikasi daring seperti Google Meet. Platform ini terbukti cukup efisien dalam mengelola online meet dan mampu menampung kuota dari peserta hingga 100 user untuk paket gratis (free).

Pembukaan sosialisasi pengenalan jenis sampah oleh KKN UM (dokpri)
Pembukaan sosialisasi pengenalan jenis sampah oleh KKN UM (dokpri)

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2021, mulai pukul 08.00 - 09.00 WIB dengan persetujuan dan izin dari pihak SD Sekarbanyu 01, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Isi dari materi mengenai sosialisasi dalam pengenalan jenis sampah meliputi penjelasan terkait apa itu sebenarnya sampah. 

Sosialisasi program kerja kkn desa sekarbanyu (dokpri)
Sosialisasi program kerja kkn desa sekarbanyu (dokpri)

Peserta yang mengikuti kegiatan ini rata-rata duduk di bangku kelas 3 hingga kelas 5. Pada presentasi yang disampaikan, juga mencakup mengenai jenis - jenis sampah yang secara sederhana terbagi menjadi 2, yaitu sampah organik dan anorganik. Namun, sebenarnya jenis dari sampah dapat mencakup 5 varian (organik, anorganik, B3, kertas, dan residu).

Selain itu, pada slideshow juga dijelaskan mengenai pentingnya membangun pola hidup sehat dan disiplin dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Hal tersebut juga menjadi concern dari pihak desa untuk dapat memajukan kualitas dan pemberdayaan tempat wisata atau lokasi strategis agar menjadi kawasan bersih dan aman.

Jadi, dengan adanya sosialisasi materi pengenalan jenis sampah, diharapkan siswa SD di Desa Sekarbanyu dapat menerapkan pola hidup sehat dan menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempat sampah, sesuai dengan jenisnya. Selain itu juga mampu mengetahui dampak negatif apabila membuang sampah sembarangan.

VIDEO PILIHAN