Mohon tunggu...
Robi Roihan
Robi Roihan Mohon Tunggu... belajar dan terus belajar

mahasiswa milenial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Belajar di Era New Normal

5 Januari 2021   08:28 Diperbarui: 5 Januari 2021   08:30 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar di Era New Normal
dok. pribadi

MAHASISWAUNTAG SURABAYAMELAKUKAN;

PENDAMPINGAN PENERAPAN BELAJAR ONLINE SISWA SEKOLAH SERTA SOSIALISASI TAAT HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DIERA NEW NORMAL.

Pada tanggal 2 Januari 2021pukul 10.00 wib saudara Robi Roihan salah satu mahasiswa Universtitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengadakan agenda KKN tepatnya di Dusun Mandeman Daya Desa Banyuates Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang yang mana agendanya adalah mengenai pembelajaran system online bersama siswa siswi sekolah dasar dan sekolah menengah di desa tsb.

Mahasiswa ini berkata Permasalahan yang terjadi di Dusun Mandeman Daya Desa Banyuates kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang ini bukan hanya terdapat pada sistem media pembelajaran akan tetapi ketersediaan kuota yang membutuhkan biaya cukup tinggi harganya bagi siswa dan guru yang terpapar Covid-19 di Dusun tsb guna memfasilitasi kebutuhan pembelajaran online. Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak dan banyak diantara orangtua siswa yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet. Hal ini pun menjadi permasalahan yang sangat penting bagi siswa, jam berapa mereka harus belajar dan bagaimana data (kuota) yang mereka miliki, sedangkan orangtua mereka yang berpenghasilan rendah atau dari kalangan menengah kebawah (kurang mampu). Hingga akhirnya hal seperti ini dibebankan kepada orangtua siswa khususnya di Dusun Mandeman Daya yang ingin anaknya tetap mengikuti pembelajaran secara online.

Solusi atas permasalahan ini adalah pemerintah harus memberikan kebijakan dengan membuka gratis layanan aplikasi daring bekerjasama dengan provider internet dan aplikasi untuk membantu proses pembelajaran Online ini. Pemerintah juga harus mempersiapkan kurikulum dan silabus permbelajaran berbasis sistem online. Bagi sekolah-sekolah perlu untuk melakukan bimbingan teknik online proses pelaksanaan daring dan melakukan sosialisasi kepada orangtua dan siswa melalui media cetak dan media sosial tentang tata cara pelaksanaan pembelajaran daring, kaitannya dengan peran dan tugasnya”. ujar Mahasiswa Robi Roihan.

Terkait dengan hal tersebut dalam kegiatan KKN ini melakukan PENDAMPINGAN PENERAPAN BELAJAR ONLINE SISWA SEKOLAH SERTA SOSIALISASI TAAT HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DIERA NEW NORMAl kepada masyarakar sekitarnya

“Dimasa pandemi masyarakat di Dusun Mandeman Daya, Desa Banyuates, Keacamatan Banyuates, Kabupaten Sampang banyak yang mengeluh mengenai perekonomian mereka yang sangat menurun Mengingat pekerjaan sehari-hari mereka masih sangat terbatas karena dampak pandemi covid-19. Mereka terpaksa beraktivitas di luar saat pandemi belum berakhir semua kegiatan yang tidak terkait terpaksa dihentikan oleh pemerintah untuk sementara waktu hingga kebijakan new normal diterapkan sebagai upaya memutus rantai penyebaran covid-19 yang semakin meluas. Oleh karena itu, dengan menerapkan gaya hidup sehat, kita harus selalu patuhi aturan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, selalu pakai masker, dan hindari kerumunan”. Ujar Mahasiswa Robi Roihan.

“Drs. EC Mohammad Suyanto MM selaku dosen pembimbing lapangannya selalu menghimbau bahwa harus senantiasa semangat dalam menjalani agenda KKN dan selalu mematuhi protokol kesehatan mengingat KKN pada tahun ini adalah secara mandiri di Desa masing-masing. Bimbingan dari beliaulah yang banyak memberikan gambaran tentang apa yang sekiranya cocok untuk program KKN di lokasi domisilinya. Harapan beliau semua anak didiknya bisa maksimal dalam menyelenggarakan agenda kegiatannya tepat sesuai jadwal dan bermanfaat bagi warganya dan selalu mematuhi aturan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun saat menjalani agenda kegiatan” ujarnya.

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

 #UntagSurabayaKeren

#EcoKampus

#KampusKompeten

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x