Mohon tunggu...
Robil Adri UIN
Robil Adri UIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tampan, Ganteng, Dan Sejenisnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan Karakter di Era Generasi Digital oleh Robil Adri

16 Oktober 2022   22:17 Diperbarui: 16 Oktober 2022   22:28 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa Itu Pendidikan Karakter?. Pendidikan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya memiliki karakter dan dapat hidup mandiri dengan lebih baik. Pendidikan karakter adalah suatu proses penerapan nilai-nilai moral maupun agama pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, penerapan nilai-nilai tersebut baik terhadap diri sendiri, sesama teman, maupun terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Tuntutan pendidikan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas terus didengungkan agar memiliki kesadaran kepada seluruh masyarakat bahwa pendidikan itu penting di era digital ini. Pada dasarnya, semua problematika yang terjadi pada jenjang pendidikan salah satunya adalah dalam segi religius, nasionalis, gotong royong, integritas dan mandiri pada peserta didik. Pada generasi milenial ini dunia tengah telah memasuki revolusi digital atau industrialisasi keempat. Penggunaan Internet of Things (IoT), big data, cloud database, blockchain, dan lain-lain akan mengubah pola kehidupan manusia baik dari anak kecil maupun kaum muda. Pada era digital ini pemanfaatan teknologi secara baik menjadikan kunci utama dalam nilai karakter peserta didik. Dan yang menjadi turunnya moral, ilmu pengetahuan yang kurang, bahkan karakter pada peserta didik adalah karena penyimpangan
penggunaan teknologi dan internet. Yang pada akhirnya pengawasan oleh guru maupun orang tua yang menjadi peran utama dalam mendidik karakter anak di indonesia. Bukan lagi tentang pemberian pelajaran kepada peserta didik, akan tetapi pengawasan juga perlu diperhatikan pada anak di era digital ini.

Apa itu era digital?. Era digital merupakan masa dimana semua orang dapat saling berkomunikasi meskipun jarak diantara mereka berjauhan, semua terasa dekat dengan perkembangan teknologi dan informasi. Semua informasi dapat mudah diketahui dengan begitu cepat.

Era digital bisa juga disebut dengan globalisasi(Wikipedia;, 2015). Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi, dan internet.

Pada Era digital ini juga telah membawa perubahan sangat berbeda dengan era sebelumnya. Perubahan dan pengaruh era digital sangat terasa pada semua aspek dalam kehidupan, baik secara positif maupun negatif.

Mendidik anak di era digital saat ini rasanya lebih sulit dibandingkan dengan mendidik anak pada zaman dahulu. Sebabnya, anak-anak saat ini tumbuh bersama kecanggihan teknologi yang sangat mudah untuk mengakses informasi darimanapun, kapanpun, dan dimanapun mereka berada(Wafi, Hibatul;, 2020).

Ketika zaman berubah, tentu tantangannya pun berubah. Baik tantangan untuk bergaul, menuntut ilmu, cara berkomunikasi dengan anak, maupun tantangan lainnya. Hal yang menjadi PR besar bagi kita sebagai orangtua adalah mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi zamannya, bukan zaman kita.

Disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membentengi anak-anak dari pengaruh negatif teknologi, meskipun ada banyak pula manfaat yang dapat diperoleh dari kemajuan teknologi ini.

Sebelum kita mendidik karakter anak, kita perlu mengetahui apa saja ciri-ciri dan hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik karakter anak.

Ciri-Ciri Generasi Digital:

1. Identitas Diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun