Mohon tunggu...
Robi Ariyanto
Robi Ariyanto Mohon Tunggu... JURNALIS

Mahasiswa Universitas Islam Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Persiapan dan Hikmah Pasca Pandemi

4 Mei 2020   19:38 Diperbarui: 4 Mei 2020   19:41 154 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persiapan dan Hikmah Pasca Pandemi
Dokpri / 2019

Mendengar pandemi covid-19 seakan sudah tidak asing ditelinga kita. Dimana pemberitaan mengenai pandemi tersebut seakan tiada habisnya. .

Sebab hampir setiap hari media massa terus memberitakan perkembangan kasus tersebut. Baik media televisi, cetak,Media online, serta tak jarang melalui media sosial sekali pun. 

Informasinya pun beragam ada yang memberikan infromasi yang sifatnya edukatif seperti memberikan tata cara mencegah virus tersebut dan mengajak untuk tidak panik ( Takut). Namun tak jarang pula ada berapa informasi yang tendensinya menakut-nakuti masyarakat. Sehingga membuat resah dikalangan masyarakat. 

Hal-hal seperti itu seharusnya patut dihindari terkhusus bagi mereka pegiat media informasi. Agar masyarakat tidak menjadi panik ketika membaca informasi yang tersebar.

Disamping itu semua masyarakat pun haruslah bisa memposisikan dirinya. Dengan tidak mengkonsumsi mentah-mentah inoformasi-informasi yang bertebaran.

Apalagi sumber berita tersebut berasal dari website yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kevaliditasan nya. Untuk menghindari itu semua, cara sederhananya yakni dengan memfilter setiap informasi yang telah dibaca. 

Yang kemudiaan tidak serta merta membagikan tautan/link berita tersebut kepada teman online maupun teman di dunia nyata. Demi memutus penyebaran informasi yang belum akurat tadi.

Dalam situasi seperti saat ini membangun persatuan dengan semangat gotong royong saangtlah diperlukan. 

Sebab dengan persatuan lah pandemi ini akan cepat berlalu. Sederhananya mulai dengan mentaati peraturan dan anjuran yang telah dikeluarkan pemerintah pusat. Dengan menjaga jarak Physical Distancing dan tetap berada dirumah. 

Selain itu semangat saling membantu haruslah terus ditingkatkan, dengan membantu tetangga/ warga lingkungan yang sedang membutuhkan. Bantuan pun beragam sesuai dengan kemapuan, namun jika melihat setuasi seperti ini apalagi ditengah ramadhan pasti hal yang utama dibutuhkan yaitu sembako.

Selain itu pemerintah harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Terkait pasca pandemi ini berakhir. Meskipun sampai sekarang tren kasus ini belum juga menunjukan grafik penurunan dan tidak diketahui sampai kapan kasus ini berakhir. Meskipun banyak ilmuwan yang memprediksi waktu berakhirnya pandemi ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x