Mohon tunggu...
Robert jeremiah arifin
Robert jeremiah arifin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Robert, 18 tahun, kota bandung.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Homunisasi

6 Desember 2022   21:23 Diperbarui: 6 Desember 2022   21:43 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam acara Geladi Homunisasi yang diadakan pada tanggal 4 desember 2022 saya mengawali kegiatan tersebut dengan mendaftarkan diri di google form yang telah disediakan sebelumnya. Kemudian saya diberi suatu tugas sebelum acara geladi dilaksanakan, tugas tersebut berupa pertanyaan-pertanyaan singkat dan tersedia video dimana kita dapat memilih salah satu video tersebut dan menuliskan poin-poin yang menarik bagi saya. Acara Geladi Homunisasi dilaksanakan menggunakan zoom pada pukul 8 pagi, sang pembicara pun melakukan perkenalan, pembukaan dengan video. Kemudian dijelaskan juga arti dari homunisasi dan tujuan diadakannya kegiatan ini. Kami masuk ke breakout room sesuai dengan kelompok untuk berdiskusi dan merencanakan presentasi. Kemudian kami mempresentasikan hasil presentasi tersebut dan di pilihlah kelompok-kelompok dengan presentasi terbaik. Kemudian acara terus berlanjut hingga tiba saat penutupan. Tugas akhir pun diberikan dan kami diberi waktu satu minggu untuk mengerjakannya.

Refleksi pengalaman baru yang saya dapatkan yaitu saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang Indonesia dan hari-hari raya dan juga saya belajar untuk bekerjasama dengan orang yang tidak saya kenal sebelumnya.

Menurut saya setelah mengikuti geladi homunisasi, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara diperlukan karena dalam kehidupan sehari-hari kita pasti bertemu dengan orang yang berbeda-beda daerah dan pola pikirnya, maka dibutuhkan logika dan Bahasa yang baik sebagai warga negara.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti homunisasi yaitu pola pikir saya menjadi lebih terbuka akan Indonesia dan saya mendapatkan pengalaman serta kemampuan baru dalam bidang public speaking.

Kemampuan yang secara singkat saya pelajari dari homunisasi dan akan diterapkan dalam perjalanan perkuliahan yaitu kemampuan dalam berbicara didepan umum, kreativitas, bekerjasama serta beradaptasi dengan baik. Cara saya meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir, berbahasa sebagai warganegara yaitu dengan belajar secara luas dan memperbanyak pengalaman nyata.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun