Mohon tunggu...
Robby FirlyYassindra
Robby FirlyYassindra Mohon Tunggu... Pembelajar

Hidup untuk bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Travel

Keris Rama Sinta bersama Mahasiswa Fisip Undip

14 November 2019   03:06 Diperbarui: 14 November 2019   03:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
Keris Rama Sinta bersama Mahasiswa Fisip Undip
Dok. Pribadi

foto arsip kegiatan
foto arsip kegiatan
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Keris Rama Sinta adalah Kegiatan yang di Adakan pada tanggal 10 November 2019 oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Sosial Fisip Undip tepatnya di desa Tanon, dusun Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Keris Rama Sinta sendiri mempunyai deskripsi yang artinya Kreasi Edukasi dan Seni Karya Bersama Sinergi Wisata. Kerisramasinta itu sendiri penggabungan dari kegiatan yang bertemakan Alam, Wisata, Pendidikan, dan Budaya.

Latar belakang terbentuknya kerisramasinta karena keprihatinan kami sebagai mahasiswa terhadap masyarakat sekarang yang kurang melek dan kurang peduli budaya Jawa dan mainan tradisional dan kami juga berusaha menumbuhkan gerakan literasi melalui gerakan membaca buku 1 Halaman 1 Hari melalui donasi buku dongeng ataupun cerpen, novel.

Acara ini sendiri diselenggarakan oleh HIMPS FISIP UNDIP dan di ikuti oleh panitia, volunteer, warga desa, anak-anak, ibu-ibu, remaja wanita dan pria. 

Susunan kegiatannya sendiri ada Sambutan dari Kepala Dusun Pak Pardi, Pengurus Desa Pak Trisno, Ketua HIMPS Farih Rizqi, Ketua Kegiatan Fatihatur. Kemudian ada lomba geguritan di ikuti oleh 3 orang anak, 5 Volunteer, dan 3 dari panitia. Lalu ada dolanan tradisional balapan batok kelapa di ikuti oleh 20 peserta dan pertempuran hari pahlawan di ikuti 30 peserta. Kemudian ada pembuatan Kuluk diikuti 25 volunteer dan membatik Tote bag diikuti volunteer,remaja wanita serta ibu-ibu. Setelah itu ada penampilan tembang Jawa oleh Bramantyo Ilmu Pemerintahan 18. Selanjutnya, penampilan pagelaran tari topeng ayu dan di tutup oleh beberapa wejangan dari pak Trisno selaku pengurus desa.

Dan tak lupa pula kami memberikan hadiah donasi buku, donasi dolanan tradisional, serta memberikan beberapa anak Hadiah sebagai perwujudan apresiasi kami atas kesukarelaan anak-anak dan volunteer untuk ikut serta menjaga budaya dan apresiasi terhadap Kegiatan Keris Rama Sinta.

Kami berterimakasih kepada Pak Trisno selaku pengurus desa Tanon, mbak Rizka selaku pembantu pengurus desa, pak parno selaku kepala dusun Ngrawan, mas Arul dan Mas kukuh selaku mentor Kuluk, dan Mba Nivo dari Pgsd Unnes selaku ajuri Lomba Geguritan, serta mas Bramantyo selaku tamu nembang Jawa dan para Alumni IKAHIMPS yang berkenan hadir saat kegiatan kerisramasinta berlangsung hingga selesai.

Mari kita branding desa Tanon dengan cara memfollow dan mentag akun Instagramnya @dolan.ngrawan @ngrawanartfestival @kangtris_desa_menari_tanon

@desawisatamenari

@kbatanonsemarang

Terima kasih dan Silahkan Membaca

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x