Mohon tunggu...
Randy Mahendra
Randy Mahendra Mohon Tunggu... https://randy-mahendra.blogspot.com

https://randy-mahendra.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kisah Tak Menarik di Kediri

26 Agustus 2020   20:29 Diperbarui: 26 Agustus 2020   20:27 32 2 0 Mohon Tunggu...

Jawa Pos Radar Kediri menerima saya sebagai jurnalis. Saya mulai kos di Kediri sejak Jumat, 1 November 2019. Tempat kos saya berada di Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo. Dekat dengan kantor surat kabar lokal itu.

Kebetulan beberapa hari sebelumnya saat saya menuju kantor memenuhi panggilan, saya melihat ada plang "Terima Kos". Di sisi timur jalan raya. Dan karena dekat dengan kantor surat kabar itu, tak berpikir lama, setelah mendapat panggilan untuk training, saya langsung mendatanginya.

Di depan kos itu, saya bertemu dengan pria paruh baya memakai sarung, peci, dan baju batik. Kemudian hari, saya tahu namanya Pak Kholis. Saya mengira beliau merupakan modin. Sebab, kos itu bersebelahan dengan mushala. Saya tanya kepada beliau, "Nuwun sewu Pak, pemilik kos ini siapa njih?"

Beliau menjawab, rumah pemilik kos itu berada di depan.

"Kira-kira berapa ya, kos disini?"

"Sekitar 500 atau 550 ribu. Itu belum termasuk listrik. Listriknya harus bayar sendiri, Mas. Tapi di sebelah itu, 350 ribu sudah termasuk listrik," kata Pak Kholis yang saya tahu di kemudian hari ternyata beliau pernah jadi guru di Pondok Jampes Kediri.

"Pemiliknya siapa yang sebelah situ, Pak?"

"Saya sendiri," jawabnya.

Maka saya minta diantarkan ke kos tersebut. Jaraknya dekat dengan kos yang tarifnya Rp 550an ribu itu. Saya memeriksa kondisi kamarnya. Di dalamnya terdapat meja dan lemari untuk menaruh koleksi buku. Itu sudah cukup. Sebab perabot itu yang menjadi prioritas saya. Asal terdapat lemari dan meja. Yang lain tak penting. Terlebih, saya malas untuk mencari kos lain.

"Saya kos disini saja Pak. Mulai hari ini," kata saya.

Selama tiga hari, saya mencoba beradaptasi dengan Kediri. Melakukan perjalanan jarak pendek dengan sepeda motor. Ke pusat kota, lalu kembali lagi. Begitu terus selama tiga hari. Tanpa menggunaka google maps. Kecuali saya benar-benar lupa jalan balik ke kos.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
26 Agustus 2020