Mohon tunggu...
Riz ZaidanFebriano
Riz ZaidanFebriano Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen / FEB / Universitas Diponegoro (UNDIP)

Mahasiswa Manajemen / FEB / Universitas Diponegoro (UNDIP)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendorong Pemberdayaan Pemuda Melalui Program KKN, Mahasiswa Undip Berperan Meningkatkan Produktivitas Karang Taruna

14 Agustus 2022   10:50 Diperbarui: 2 September 2022   16:02 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kudus (10/08/2022).

Karang Taruna adalah salah satu organisasi pemuda yang keberadaanya terstruktur merata di seluruh Indonesia dari tingkat RT/RW, desa/kelurahan, dan kecamatan. Selain itu Karang Taruna adalah salah satu organisasi kepemudaan yang dilegitimasi oleh negara dan diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 77/HUK 2010 dalam pasal 3 ayat 2 yang tertulis sebagai berikut : “Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya” Sangat jelas dalam pasal tersebut Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan yang berperan penting dalam membantu pemerintah menghadapi masalah kesejahteraan sosial dan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi generasi muda di lingkungannya. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Karang Taruna harus bisa membangkitkan semangat gotong royong generasi muda untuk memajukan Indonesia. Langkah tersebut dibutuhkan generasi muda khususnya di masa pendemi Covid-19. Di masa Pandemi Covid-19 kita semakin membutuhkan nilai kebangsaan Indonesia seperti gotong royong untuk diterapkan oleh segenap elemen bangsa.

Melihat hal tersebut, pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Periode 2021/2022, Riz Zaidan Febriano Arsya dari program studi Manejemen, melaksanakan program kegiatan KKN-nya dengan tujuan untuk mendorong semangat dan meningkatkan produktivitas para pemuda di Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Terdapat 2 program yang menjadi fokus utama dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Program pertama yaitu, Program Strategi Digital Marketing dan Promosi Bisnis bagi UMKM dalam menghadapi pandemi. Program ini diawali dengan survey tentang lokasi pelaksanaan dan target audiens, yang menghasilkan lokasi di salah satu rumah warga Rendeng dan target audiens yaitu pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Desa Rendeng. Mahasiswa selanjutnya mengundang ahli di bidang digital marketing yaitu kak Hilal Farras dari PT. Legitima Solusi Digital Indonesia untuk menjadi pembawa materi sekaligus tutor. Selanjutnya dilakukan pembuatan poster dan materi Digital Marketing. Sosialisasi Strategi Digital Marketing dan promosi bisnis bagi umkm dalam menghadapi pandemi diadakan pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2022. Sosialisasi berjalan dengan baik, peserta mendengarkan dan berpartisipasi secara proaktif bahkan dapat saling bertukar ilmu dan cerita. Banyak peserta antusias dengan menyampaikan beberapa pertanyaan pada saat pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut. Stakeholders yang terlibat adalah tutor digital marketing dari PT. Legitima Solusi Digital Indonesia dan anggota Karang Taruna Desa Rendeng.

Evaluasi keberhasilan program ini dilihat dari terbentuknya kesadaran dari pemilik UMKM untuk beralih ke digital marketing dalam memasarkan produknya.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Program kedua yaitu, Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Pencari Kerja Online Dalam Meraih Peluang. Bekerja menjadi tujuan utama bagi sebagian besar pemuda setelah lulus sekolah. Harapannya, dengan bekerja nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Program ini direncanakan untuk mengedukasi para pemuda desa agar mudah mendapatkan informasi lowongan kerja melalui pemanfaatan aplikasi pencari kerja secara online. Maka para peserta kegiatan diajak untuk mencoba secara langsung pemanfaatan aplikasi pencari kerja secara online dengan didampingi oleh pengajar yang sudah berpengalaman dalam dunia komputer maupun internet. Walaupun waktu kegiatan yang terbatas tetapi sebagian besar peserta sudah mampu melakukan secara sendiri prosesnya. Program kerja ini didasarkan dengan tujuan SDGs ke-8 yaitu, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Evaluasi keberhasilan program ini yaitu sebagian besar peserta sudah mampu mengirimkan sendiri surat lamaran dan berkas-berkas pendukung ke perusahaan yang dituju melalui media online, baik melalui email maupun aplikasi lowongan kerja online. Dalam kegiatan ini pula para peserta nantinya mengetahui bagaimana mendapatkan informasi kebutuhan tenaga kerja secara online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan