Mohon tunggu...
Rizqika Fairuzia Muhammad
Rizqika Fairuzia Muhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Berisi Hasil Pemikiran

Seorang Pemerhati

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

People Watching, Apa Gunanya buat Kamu

25 Oktober 2021   09:04 Diperbarui: 25 Oktober 2021   09:45 90 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo by Brooke Cagle on Unsplash   

Setiap orang memiliki preferensinya masing-masing dalam segala bidang seperti selera musik, gaya berpakaian, pilihan politik, dan juga hobi. Terkadang, kombinasi dari preferensi-preferensi ini lah yang membuat seseorang dipandang unik. 

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keunikannya sendiri. Keunikan itu bisa saja disadari oleh orang tersebut maupun tidak. 

Di sisi lain, keunikan seseorang ada yang terlihat dengan jelas dan ada juga yang tersirat dalam diri. Keunikan-keunikan dalam diri seseorang dapat tergambarkan dari kebiasaan seseorang.

Mungkin akan cukup asing di telinga anda mendengar istilah people-watching. Menurut Wikipedia, people-watching atau crowd watching adalah sebuah kegiatan observasi terhadap seseorang dan interaksinya sebagai aksi dari alam bawah sadar. 

Untuk sebagian orang, people-watching merupakan sebuah hobi yang kami lakukan baik di waktu senggang maupun di setiap ada kesempatan. Namun, kegiatan ini sejatinya merupakan aktivitas tak sadar yang dilakukan sehari-hari oleh setiap orang.

Anda mungkin telah sering melakukan people-watching tanpa anda sadari seperti di saat anda mengenal teman baru, membaca bahasa tubuh pembicara, ataupun memahami kebiasaan orang terdekat. Anda juga mungkin secara tidak langsung menerima manfaat dari kegiatan ini. 

Meningkatnya kemampuan belajar, memahami perasaaan teman, dan lugas dalam berkomunikasi merupakan sebagian dari manfaat yang dapat anda peroleh.

Photo by Alex Palmer on Unsplash   
Photo by Alex Palmer on Unsplash   

Bagi sebagian anda yang mendapati kegiatan ini menyenangkan untuk dijadikan hobi, people-watching akan memberikan kepuasan kepada pelaku kegiatan ini. 

Perasaan memahami orang lain, mengetahui kebiasaan tersirat seseorang, dan mempelajari keunikan setiap orang akan anda dapati sebagai pengalaman yang menyenangkan dan membuat anda ingin lebih lanjut mengenal atau mendalami pribadi orang-orang di sekitar anda.

Untuk sebagian yang lain, people-watching dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan. Beberapa orang mendapatkan kenyamanan di saat melihat orang-orang melakukan aktivitasnya sehari-hari. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan