Mohon tunggu...
Rizqi Rahayu
Rizqi Rahayu Mohon Tunggu... Dosen - memanusiakan manusia

bersyukur dan ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Mengatasi Kejenuhan Belajar

1 November 2021   11:00 Diperbarui: 1 November 2021   11:23 126 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar: rumahmentor.wordpress.com

Kejenuhan adalah padat atau penuh sehingga tidak mampu lagi memuat apapun. Selain itu, jenuh juga bisa berarti jemu atau bosan. Dalam belajar, siswa sering mengalami kejenuhan. Kejenuhan yang dialami seorang siswa yang sedang dalam proses belajar dapat membuat siswa tersebut merasa telah membubazirkan usahanya.

Kejenuhan belajar dapat melanda siswa apabila ia telah kehilangan motivasi dan kehilangan konsolidasi salah satu tingkat keterampilan tertentu sebelum siswa tertentu sampai pada tingkat keterampilan selanjutnya. Kejenuhan juga dapat terjadi karena proses belajar siswa telah sampai pada batas kemampuan jasmaniahnya karena bosan dan keletihan. 

Lalu upaya apa yang harus dilakukan ketika siswa mengalami kejenuhan dalam belajar. Berikut tips upaya mengatasi kejenuhan belajar pada siswa:

1. Melakukan istirahat dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan takaran yang cukup.

2. Melakukan pengubahan atau penjadwalan kembali jam-jam dari hari-hari belajar yang dianggap lebih memungkinkan siswa belajar lebih giat.

3. Melakukan pengubahan atau penataan kembali lingkungan belajar siswa yang meliputi pengubahan posisi meja tulis, lemari, rak buku, alat-alat perlengkapan belajar dan sebagainya sampai memungkinkan siswa merasa berada di sebuah kamar yang lebih menyenangkan untuk belajar.

4. Memberikan motivasi dan stimulasi baru agar siswa merasa terdorong untuk belajar lebih giat daripada sebelumnya.

5. Siswa harus berbuat nyata (terus bergerak dan tidak menyerah) dengan cara mencoba dan terus belajar lagi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan