Mohon tunggu...
Rizqi Rahayu
Rizqi Rahayu Mohon Tunggu... Dosen - memanusiakan manusia

bersyukur dan ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kopontren Darussyifa Al Fithroh Yaspida Sukabumi Siap dan Bisa Membangun Ekonomi Umat

20 Oktober 2021   23:30 Diperbarui: 20 Oktober 2021   23:36 107 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pondok Pesantren Darussyfa Al Fithroh YASPIDA Sukabumi merupakan lembaga pendidikan yang di dalamnya ada  pendidikan tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang terus berupaya mempersiapkan santri dan maha santri dalam menjawab tantangan zaman melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, bahkan ekonomi. Berbicara ekonomi merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pondok Pesantren Darussyfa Al Fithroh YASPIDA Sukabumi memandang ekonomi adalah suatu hal yang harus ditumbuh kembangkan pada santri untuk memiliki jiwa mandiri sehingga santri tidak hanya bisa mengaji tapi juga siap mengabdi untuk negeri. Upaya pondok pesantren ini dalam menumbuh kembangkan ekonomi dengan membentuk adanya KOPONTREN (Koperasi Pondok Pesantren).

Ada bebera jenis koperasi yang dikembangkan di KOPONTREN Darussyifa Al Fithroh YASPIDA Sukabumi, yaitu koperasi di bidang simpan pinjam, bidang usaha, bidang peternakan (ternak ikan, ayam pedaging, ayam petelur, kambing pedaging, sapi pedaging), bidang pertanian (sayuran dengan model green house), dan bidang produksi (produksi air mineral dengan merek La Vida dan AQMIDA).

Berbagai bidang yang dikembangkan di KOPONTREN Darussyifa Al Fithroh YASPIDA Sukabumi khususnya santri ikut andil, tampil, dan terampil dalam menumbuh kembangkan KOPONTREN tersebut.  Sehingga santri memiliki pemahaman yang kuat dalam teori dan hebat dalam praktik.

Upaya yang dilakukan pondok pesantren Darussyifa Al Fithroh YASPIDA Sukabumi untuk menumbuh kembangkan koperasi dalam membangun ekonomi umat direspon positif oleh Menteri Koperasi dan UKM. Dalam kunjungan kerja selasa 19/10/2021 pak Menteri Koperasi dan UKM ke Pondok Pesantren ini sekaligus meresmikan Graha KOPONTREN Darussyifa Al Fitroh YASPIDA Sukabumi.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Koperasi Pondok Pesantren memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak ekonomi dalam membangun ekonomi umat. Terkhusus KOPONTREN Darussyifa Al Fithroh YASPIDA Sukabumi Menteri Koperasi dan UKM mengungkapkan dalam sambutannya bahwa KOPONTREN ini akan menjadi role model, konsolidator, dan induk dari pesantren-pesantren yang lain agar lebih kuat dalam membangun ekonomi umat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan