Mohon tunggu...
Rizqi ilahi
Rizqi ilahi Mohon Tunggu... mahasiswi

mencoba memahami

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Anak Lambat Membaca?

13 April 2021   21:33 Diperbarui: 13 April 2021   22:16 93 2 0 Mohon Tunggu...

Anak lambat membaca? belum tentu merupakan tanda bahwa anak mengalami disleksia,tetapi anak tersebut sedang belajar membaca.

Hai  kawan penaku...... kali ini saya akan membahas tentang gangguan perkembangan membaca (reseptif dan ekspresif), cakupan dari sesi ini antara lain: gangguan perkembangan membaca, tahapan membaca si buah hati, tanda-tanda gangguan perkembangan membaca, penyebab si kecil terlambat membaca, cara atau tips meningkatkan kemampuan membaca anak. Lebih lengkapnya Yuk simak penjelasan berikut.......

Sebagai orang tua, pasti anda akan merasa frustasi dan emosional ketika melihat usia anak anda sudah lancar membaca sementara anak anda baru saja belajar mengeja. Ketika masalah disleksia dikaitkan dengan keterlambatan membaca anak, maka kekhawatiran ini semakin menjadi masalah. 

Khawatir itu wajar, karena kebanyakan orang tua memiliki harapan yang tinggi agar anaknya memiliki kemampuan belajar yang prima. Kemampuan membaca merupakan parameter akademis yang penting dalam kehidupan seorang anak. Namun situasi anak dengan kecepatan membaca lambat harus diselesaikan dengan tenang dan bijak. Situasi ini bisa jadi merupakan hal yang normal

Membaca adalah pekerjaan yang melatih kecerdasan bahasa atau kecerdasan bahasa anak. Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan pada kemampuan menggunakan kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca, dan menulis. 

Untuk bisa membaca, si kecil akan melalui tahapan yang berbeda sesuai dengan usianya. Ibu dapat memberikan rangsangan bahasa dan intelektual yang sesuai untuk meningkatkan kemampuannya. 

Kegiatan membaca merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan orang tua kepada anaknya sejak masih bayi. Sekalipun mereka menginstruksikan anak kecil untuk membaca secara teratur, terkadang tidak semua anak dapat membaca dengan cepat. Jika anak Anda telat ke sekolah, bunda harus cari tahu dulu alasannya. Semoga bunda bisa bersabar dalam mendampingi buah hati melanjutkan studi.

Tahapan membaca pada si buah hati

Pada usia 3 tahun, meskipun huruf dari A sampai Z tidak lengkap, anak-anak biasanya sudah bisa melafalkannya. Setelah satu tahun, dia akan bisa mengenali huruf yang membentuk namanya dan tahu cara membacanya dari kiri ke kanan. Ya, lalu mulailah membaca suku kata. Pada usia 5 tahun, kemampuan membaca anak mulai berkembang, yaitu dapat membaca 2 hingga 3 suku kata dan mulai membaca kalimat sederhana. Pada usia 7 tahun, anak-anak biasanya dapat membaca buku cerita dan menceritakannya kembali.

Penyebab Si Kecil terlambat membaca

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x