Edukasi

Tugas Guru Bimbingan dan Konseling

3 Oktober 2018   09:20 Diperbarui: 3 Oktober 2018   12:30 181 0 0

Fungsi dan tugas adalah suatu bagian yang tak mungkin untuk  dipisahkan satu sama lain. Pengertian dari fungsi sendiri adalah  sekelompok aktivitas yang tergolong pada jenis yang sama berdasarkan  sifat dan pelaksanaannya. Tugas ditinjau dari devinisi adalah suatu  kewajiban yang harus dikerjakan seseorang dalam pekerjaannya. Kembali  menarik benang devinisi tugas dengan fungsi dapat dipahami fungsi adalah  pokok inti suatu hal atau pekerjaan, kemudian timbullah suatu  tanggungjawab, akibat dari tanggungjawab adalah tugas. Jadi lebih  mudahnya tugas adalah bukti real dari fungsi yang ada.

Fungsi dari  guru Bimbingan dan Konseling ialah pemahaman diri dan lingkungan,  pencegahan terhadap hal yang menghambat perkembangan peserta didik,  pengembangan, dan advokasi (pembelaan terhadap hak atau kepentingan  peserta didik). Dari beberapa fungsi tersebut akan melahirkan suatu atau  bahkan beberapa  tugas yang harus dilakukan oleh guru BK sebagai  seorang konselor untuk perkembangan peserta didik.

Terkait dengan  tugas guru bimbingan dan konseling untuk perkembangan peserta didik  dilakukan pada beberapa bidang khusus, antara lain :

  • Membantu  mengembangkan kehidupan pribadi yaitu suatu pelayanan yang membantu  peserta didik memhami akan diri sendiri, terkait bakat, minat, potensi,  dan sebagainya.
  • Membantu mengembangkan kehidupan sosial yaitu  pelayanan yang membantu peserta didik memahami, menilai, serta  mengembangkan keadaan sosial mereka. Hal ini dilakukan terutama kepada  peserta didik yang terkesan sulit untuk bersosial dengan lingkungan  mereka sendiri.
  • Membantu mengembangkan kemampuan belajar,  pelayanan yang dilakukan oleh seorang guru bimbingan dan konseling atau  konselor membantu menjadikan peserta didik mandiri dalam belajar  terutama dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.
  • Membantu  mengembangkan karir, pelayanan ini adalah pelayanan yang tidak bisa  dimulai tanpa dilakukan pengembangan-pengembangan yang lain.  Pengambangan dalam karir adalah suatu titik dimana seorang peseta didik  telah mampu memahami bahkan mengembangkan diri, kemudian seorang  konselor membantu untuk mengarahkan langkah yang harus dilakukan agar  minat, bakat, dan potensi diri menjadi suatu karir terhadap mereka.