Mohon tunggu...
Rizma YulianaAnggraini
Rizma YulianaAnggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pembuatan Paper Soap (Sabun Kertas) bersama Siswa Sekolah Dasar

20 September 2022   12:10 Diperbarui: 20 September 2022   12:31 114 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiya Banjarmasin kelompok 8 mengajarkan cara pembuatan sabun dengan media kertas dan cara mencuci tangan yang baik dan benar di Sekolah Dasar Negeri Badandan 2 Kec. Cerbon Kab. Barito Kuala (12/08/2022 ).

Tangan adalah salah satu anggota tubuh kita yang berperan sebagai jalur infeksi kuman karna tangan yang paling umum berkontakan langsung dengan mulut, hidung dan mata. Surfaktan yang terdapat didalam sabun dapat mengikat kotoran pada permukaan kulit dan mudah larut saat dicuci dengan air. 

Maka dari itu penting untuk mencuci tangan sebelum atau sesudah kita melakukan aktivitas. Dengan adanya sabun kertas ini tentunya fleksibel dibawa kemana saja dan mudah digunakan serta lebih menarik karna ini merupakan hal baru bagi mereka

Dokpri
Dokpri

Awalnya kegiatan ini dilakukan pada mahasiswa pengabdi masyrakat dengan memperkenalkan dan mencontohkan pembuatan sabun kertas yang mudah dan dapat juga dilakukan di rumah. 

Bahan dan alat alat yang diperlukan adalah kertas minyak, sabun cair, gunting, nampan, kuas dan wadah untuk sabun kertas. 

Langkah-langkah pembuatan sabun kertas yaitu yang pertama siapkan kertas minyak diatas nampan lalu tuangkan sabun cair ke seluruh permukaan kertas minyak secara merata menggunakan kuas.

Lalu keringkan kertas minyak yang sudah diolesi dengan sabun cair tadi dengan cara dijemur dibawah sinar matahari langsung, setelah kering gunting kertas sabun sesuai ukuran yang diinginkan dan masukkan sabun kertas kedalam wadah yang sudah disiapkan. Sabun kertas pun jadi dan siap untuk digunakan.

Dokpri
Dokpri

Setelah melakukan demonstrasi pembuatan sabun kertas bersama anak-anak Sekolah Dasar pengabdian masyarakat juga mengajarkan cara 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun dengan air mengalir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan