Mohon tunggu...
Rizky ZidanFirmansyah
Rizky ZidanFirmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - tetap semangat untuk menggapai cita-cita

18 years old

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemuda Indonesia Bersatu dan Bangkit

16 Oktober 2021   11:40 Diperbarui: 16 Oktober 2021   11:58 41 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui bahwa sumpah pemuda akan merayakan ulang tahun nya yang ke-93 pada tanggal 28 oktober 2021. Sumpah pemuda adalah salah satu ikrar atau sumpah dari para cendekiawan sebagai tonggak sejarah dalam kemerdekaan indonesia. Tanpa ikrar ini mungkin sampai sekarang ini akan sulit menentukan cita cita dan mimpi para pemuda untuk membuat indonesia menjadi negara dan bangsa yang lebih baik. Lahirnya Sumpah Pemuda ini berasal dari Kongres Pemuda ke-2 yang diselenggarakan pada tanggal 27 oktober 1928.

Dalam kongres tersebut berisikan sebagai berikut:

Pertama:Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua:Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Ketiga:Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Bersatu dan Bangkit merupakan gambaran semangat persatuan para pemuda Indonesia dan harus selalu ditanamkan dalam diri mereka masing-masing supaya Indonesia tidak tercerai berai. Walaupun memiliki banyak perbedaan harus tetap dalam persatuan. Dan dengan adanya semangat persatuan ini Indonesia akan maju. Diharapkan Pemuda Indonesia di jaman sekarang dapat bangkit. Bangkit yang seperti apa tu? Dikarenakan disaat ini sedang terjadinya pandemi Covid-19 para pemuda Indonesia dapat bangkit dalam menghadapi tantangan yang terjadi saat ini dan memberikan aspirasi-aspirasi yang baik untuk rakyat Indonesia supaya bisa membangkitkan semangat para pemuda lainnya juga. Pada hari ulang tahun Sumpah Pemuda yang ke-93, dengan tema "Bersatu dan Bangkit" merupakan gambaran semangat para pemuda dalam mempersatukan Pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal- hal yang positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan