Mohon tunggu...
Rizky Setiawan
Rizky Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menuju lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Ganti Oli Mesin Itu Penting!

17 Mei 2020   11:00 Diperbarui: 17 Mei 2020   10:55 161 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ganti Oli Mesin Itu Penting!
Ilustrasi oli mesin GridOto.com

Oli pada motor berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antara komponen mesin. Seperti yang kita ketahui, saat mesin motor bekerja terjadi banyak gesekan mulai dari sistem transmisi hingga piston yang bergesekan dengan dinding silinder.

Maka agar terhindar dari goresan dan juga karat tidak terjadi karena gesekan tersebut. Jadi oli bertugas melapisi setiap komponen mesin yang bekerja. Bukan itu saja, oli juga berfungsi mendinginkan suhu panas mesin yang ditimbulkan proses pembakaran.

Bagaimana jika motor terlambat ganti oli atau bahkan tidak dilakukan pergantian oli mesin?

Mekanik akan merekomendasikan untuk pergantian oli pada jarak tempuh 1.000 km hingga 4.000 km, itu tergatung pada pemakaian motor dengan intensitas tinggi. Begitu pula pada buku panduan petunjuk manual service untuk pergantian oli mesin direkomdasikan pada sekitar jarak tempuh 4.000 km.

Menurut Service advisor Yamaha Putera Ragunan Budi Priyanto, oli mesin pada motor harus rutin diganti karena akan berpengaruh pada kinerja mesin. Oli mesin berguna untuk melindungi dan melapisi sistem mesin yang bekerja, sebab jika oli yang sudah kotor tidak bisa lagi melindungi gesekan yang terjadi di komponen mesin.

"Lalu ketika motor terlambat dilakukan pergantian oli mesin akan muncul kotoran pasir atau lebih tepatnya seperti lumpur yang mengendap dibagian bawah mesin. Bahkan oli mesin itu akan menimbulkan pengaruh buruk pada bagian mesin dan akan menimbulkan goresan pada piston dan silinder". Lanjutnya.

Kemudian apa yang terjadi jika tidak ganti oli mesin dalam jangka waktu yang lama?

"Saya terakhir ganti oli mesin motor kapan ya?"

Banyak dari kita yang memiliki motor lupa akan ganti oli mesin, keterlambatan ganti oli mesin bahkan sampai oli mesin benar-benar habis akan berakibat parah. Mesin motor akan berhenti bekerja, piston dan blok silinder akan stack dan tergores. Akibatnya motor harus dilakukan service besar ( turun mesin ) untuk dilakukan pergantian komponen mesin yang rusak, itu pun biaya yang dikeluarkan cukup besar.

Jadi rawatlah motor dengan mengganti oli mesin secara rutin dibengkel resmi.

Apa aja jenis oli mesin ? Oli mesin apa yang bagus untuk motor ?  Kita ulas dipembahasan selanjutnya.

VIDEO PILIHAN