Mohon tunggu...
Ananda RizkySA
Ananda RizkySA Mohon Tunggu... Humaniora and Gaming

Mahasiswa STIABI Riyadlul Ulum

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rahasia Pasukan Sparta Sampai Ditakuti Dunia

20 April 2021   13:34 Diperbarui: 22 April 2021   12:42 98 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rahasia Pasukan Sparta Sampai Ditakuti Dunia
Potret Prajurit Sparta dengan ciri khasnya Memegang tombak dan Perisai (Sumber :https://www.pinterest.com/pin/537124693059130157/)

"Orang Sparta bukanlah pembuat tembikar, mereka juga bukan seniman mereka tidak melakukan apapun selain bertempur. Ketika seorang anak lelaki Sparta menginjak usia delapan tahun, dia dilatih hanya untuk melakukan satu hal yaitu membunuh musuhnya."- Barrry Jacobsen, Ahli sejarah Spartan

Yunani bukan hanya melahirkan ilmuwan besar seperti Pythagoras, Aristoteles, Anaxogoras, Plato dan lain -- lain. Selain ilmuwan, Yunani juga melahirkan sebuah Ksatria atau pasukan paling mematikan dan sangat ditakuti dunia pada masanya, Pasukan Spartan. Lalu, tahukah kalian tentang Pasukan Spartan? Pasukan Spartan adalah Pasukan elite militer yang berada di kota Sparta. Kota ini terkenal karena pasukannya yang kuat serta pendidikan yang ketat.

Maka dari itu pasukan Sparta adalah pasukan inti yang terkuat dari peradaban Yunani kuno. Kota ini terletak di sebuah lembah di tepi sungai Eurotas di bagian tenggara Yunani. Seorang prajurit sparta dilengkapi dengan atribut perang yang memungkinkan hal ini bertujuan untuk efektif melawan musuh saat berada di medan perang. 

Pasukan Sparta ini begitu sangat di takuti di dunia karena mentalnya yang kuat dan pantang mundur meskipun jumlah mereka sangatlah sedikit di bandingkan pasukan musuh. Ini merupakan hasil dari latihan - para Sparta - Sparta  hingga ia di didik menjadi tentara yang sangat kuat sehingga pasukan ini begitu sangat ditakuti meskipun para sparta ini memakai Atribut perang seadanya.

berbeda dengan prajurit  atau pasukan yang lain seperti Romawi dan persia yang sudah sangat lengkap Atribut perang dari mulai Persenjataan sampai Pasukan Kavelari

Lalu apa yang membuat pasukan ini begitu sangat di takuti ?

Atribut Pasukan Sparta :

  1. Tombak Spartan  (The Dory)Senjata utama dari prajurit spartan yaitu tombaknya yang dikenal dengan nama Dory. Tombak ini terbuat dari kayu corner atau ash karena kayu tersebut sangat kuat dan ringan untuk di pegang dan di bawa oleh prajurit sparta.

  2. Perisai Spartan (The old bashing Shield)Senjata yang kedua yaitu Perisai yang dikenal dengan nama Hoplon atau Aplis. Biasanya para prajurit spartan memegang tombak spartan di lengan kiri sedangkan perisai di lengan kanan. Perisai ini berdiameter sekitar 91 cm dan terdiri oleh kayu tebal di tengahnya dengan perunggu di sisi luar dan kulit di sisi dalam. Meskipun perisai ini merupakan salah satu benda tumpul tetetapi perisai ini bisa di gunakan untuk  memukul musuh.

  3. Baju Zirah Spartan Baju zirah atau baju besi yang di gunakan para prajurit spartan ini sama di gunakan oleh prajurit Yunani lainnya. Ini adalah baju besi yang terbuat dari lapisan linen dan kulit, Selain itu orang --  spartan menggunakan pakaian greaves untuk melindungi kaki mereka dan helm untuk melindungi kepala mereka yang terbuat dari besi dengan ciri khasnya di helm tersebut ada lampang bulu kuda yang membuat para spartan ini sangat tinggi dan sangat mengesankan saat di pandang.

  4. The Kopis (Pedang pendek) The kopis adalah senjata yang di gunakan pasukan sparta, dengan panjang sekitar 12 cm. Senjata ini paling mematikan pada zaman dahulunya. Karena pedang ini cocok sekali jika dipakai berbarengan bersama Perisai Maka dari itu  Pedang yang dibuat di Athena ini sangat mengerikan pada zaman dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x