Mohon tunggu...
Rizky Rahmadani
Rizky Rahmadani Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Bantu Kembangkan UMKM Lewat Kegiatan KKN

30 Juni 2022   17:58 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:12 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sidoarjo, 30 Juni 2022- Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya saat ini sedang melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program Kuliah Kerja Nyata tersebut menjadi syarat kelulusan yang harus dijalankan para mahasiswa disaat  memasuki semester ke-6. Program Kuliah Kerja Nyata tersebut berlangsung mulai dari tanggal 30 Mei-30 Juni, dimana setiap mahasiswa dibimbing oleh masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan dalam menentukan program kegiatan serta pelaksanaanya, hal tersebut tentunya bertujuan untuk kelancaran bagi setiap program yang dijalani oleh mahasiswa.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mengintegrasikan pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Adapun maksud dalam pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata adalah sebagai suatu proses untuk membina mahasiswa guna memantapkan wawasan dan memahami realitas kehidupan masyarakat dengan berbagai permasalahannya serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat.

Di masa pandemi Covid -19 Era New Normal ini kebijakan dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Mahasiswa tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), namun dilakukan di domisili masing-masing. Hal tersebut bertujuan agar mereka tetap dapat melaksanakan kegiatan KKN dengan mengurangi resiko terjadinya penularan Virus Covid-19 sekaligus memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mencari dan mengatasi problematika yang terjadi dilingkungan sekitar.

Oleh karena itu, Rizky Rahmadani selaku mahasiswa semester 6 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, ini  bermaksud mengembangkan UMKM yang ada di desa Ngampelsari lewat pengembangan dari segi desain produk. Dengan tema “ Pengembangan Kualitas Penjualan dan Desain Kemasan Pada UMKM M.K Donat Desa Ngampelsari Kabupaten Sidoarjo”.

Sebelum melakukan kegiatan KKN, Rizky selaku mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya terlebih dahulu melakukan kunjungan kepada mitra dan ketua RT 01 RW 04 tempat ia tinggal demi menjaga silaturahmi yang kuat dengan masyarakat sekitar. Sosialisasi yang dilakukan oleh Rizky bertujuan untuk mengetahui apa permasalahan yang hadapi Mitranya dalam mengembangkan UMKM. Selama ini permasalahan yang dihadapi oleh mitranya ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk ke media digital. Selain itu menurut Pak Saiful sebagai pemilik mitra menjelasakan bahwasannya produk kemasan yang ia pakai kurang menarik bagi pelanggan.

Oleh karena itu Rizky Rahmadani selaku mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berinisiatif untuk mengajarkan bagaimana cara memasarkan produk ke media digital seperti Instagram dan Shopee Food. Disamping itu Mahsiswa Fakultas Hukum Untag Surabaya ini juga melakukan pembuatan desain untuk kemasan agar menambah nilai jual dan menarik perhatian pelanggan

Dalam pelaksanaan program KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang berlangsung mulai tanggal 30 Mei-30 Juni 2022 ini, Rizky Rahmadani selaku mahasiswa didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Intan Dzikria, S.Kom., M.IM., Ph.D. sebagai Dosen UNTAG Surabaya. Menurut Bu Intan tujuan KKN di masa pandemi ini bertujuan untuk meningkatkan serta memulihkan perekonomian masyarakat terdampak Covid-19

#UntagSurabaya#KitaUntagSurabaya#UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan