Mohon tunggu...
RIZKY MUHAMMAD IKHSAN
RIZKY MUHAMMAD IKHSAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Indonesia Hebat!!!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN UPI 2021: Meningkatkan Semangat Siswa dalam Pembelajaran Olahraga secara Daring

23 September 2021   15:26 Diperbarui: 23 September 2021   17:16 51 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Indonesia sejak awal bulan maret 2020 tahun lalu mulai terserang virus covid-19 yang datang dari negara China, karena kurang tanggapnya pemerintah Indonesia dalam menangani virus ini sehingga  secara terus menerus bertambahnya kasus Covid yang menjadikan Indonesia masuk kedalam kategori negara dengan kasus covid-19 tertinggi. 

Ditahun 2021 ini kasus covid-19 mulai berkurang karena pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengurangi orang-orang yang terpapar virus dari diadakannya social distancing, wajib pakai masker, cuci tangan, PSBB, PPKM dan sekarang sudah mulai adanya vaksinasi gratis dari pemerintah untuk warga. Selama lebih dari 1 tahun Indonesia melawan virus covid-19 sehingga negara ini mulai merubah beberapa kebiasaan mulai dari aspek sosial, budaya, ekonomi dan terutama dalam aspek pendidikan.

Kasus covid-19 ini sangat memberikan dampak yang sangat besar khususnya dibidang pendidikan, secara mengajarpun berbeda, cara guru memberikan materi, penerapan pembelajaran untuk siswa, kesulitan orang tua dalam berbagai aspek (kuota dan handphone) dan memberikan efek posititf dan negatif yang dimana berhubungan dengan kegiatan saya dalam melakukan KKN dengan tema LITERASI DAN REKOKNISI dari Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2021 yang ditugaskan untuk membantu guru-guru disekolah yang bertempatan didaerah Bandung Barat. 

Dalam kegiatan KKN saya membantu 2 orang guru yang memegang mata pelajaran olahraga dan kelas 4 sd namun ada beberapa hal yang menarik perhatian saya dimata pelajaran olahraga. Ketika saya berdiskusi dengan guru olahraga di sd tersebut ternyata banyak siswa yang kini enggan untuk mengerjakan tugas dalam bentuk tugas-tugas salah satunya video dikarenakan sudah setahun lebih melaksanakan pembelajaran secara online sehingga mereka ingin melaksanakan pembelajaran secara luring atau tatap muka melihat kondisi ini guru olahraga tersebutpun mengajak saya untuk berdiskusi agar anak-anak mau untuk melaksanakan pembelajaran online penuh semangat dan disiplin. Berikut hal-hal yang kami dapatkan dalam diskusi:

  1. Membuat video pembelajaran yang menarik
  2. Dalam video pembelajaran tersebut harus berisi cerita menarik terlebih dahulu agar anak ingin tau tentang pembelajaran yang akan dilakukan.
  3. Anak harus dilibatkan dalam video
  4. Seperti film DORA anak harus terus dipanggil contoh : anak-anak sekarang kita meloncat, meloncat lagi, meloncat lagi, terus meloncat, sehingga anak mengikuti perintah.
  5. Membuat tugas secara berkelompok
  6. Berkelompok disini yaitu dengan melakukan pertemuan online dengan teman-temannya agar anak tidak jenuh dan terjalin interaksi sosial pada anak.
  7. Kurangi pemberian tugas secara bertumpuk
  8. Guru sebisa mungkin memberikan tugas sehari maksimal 2 tugas saja agar anak tidak mengalami stress

Berikut adalah hal-hal yang kami dapatkan dan kami terapkan pada anak-anak di pembelajaran olahraga untuk memngurangi tingkat kestresan dalam pembelajaran daring. Semoga virus covid-19 ini cepat berlalu dan kembali seperti normal.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan