Mohon tunggu...
Rizky Hadi
Rizky Hadi Mohon Tunggu... Anak manusia yang biasa saja.

Selalu senang menulis cerita.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips Anti-Mainstream agar Keuangan Stabil Saat Ramadhan

18 April 2021   06:53 Diperbarui: 18 April 2021   06:57 284 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Anti-Mainstream agar Keuangan Stabil Saat Ramadhan
edited by canva

Di beberapa sektor, mungkin sektor keuanganlah yang paling diperhatikan selama berpuasa. Bagaimana tidak, biasanya selama Ramadhan porsi keuangan bukannya semakin berkurang, malah bisa bertambah. Bahkan ada beberapa orang yang terlalu over untuk pengeluaran.

Padahal, jika ditelaah lebih jauh, pengeluaran selama Ramadhan itu sebetulnya sudah bisa diperhitungkan. Apa-apa yang dibutuhkan sudah jelas sekali. Ya, tapi yang namanya manusia, pasti ada saja kebutuhan di luar rencana (keinginan) yang kadang kala membuat terjadinya penyesalan.

Pengeluaran di awal hingga pertengahan bulan Ramadhan biasanya lebih banyak berkutat pada acara buka bersama. Pastilah, apalagi yang masih muda (seperti saya) ini. teman kerja, teman kuliah, alumni SD, alumni SMP, alumni SMA, itu semua pasti mengadakan bukber. Belum lagi teman-teman yang biasanya nongkrong bareng. Puas sudah acara bukber setiap hari. Pengeluaran semakin banyak, hal itu belum termasuk tetek bengek yang turut menyertainya.

Nah, maka dari itu, saya akan membagikan tips anti mainstream agar keuangan selalu stabil ketika bulan Ramadhan:

Terapkan PSBB (Pengeluaran Semakin Besar itu Bencana)

Tanamkan mindset out of the box itu. Yang menjadi perhatian ialah di awal Ramadhan. Jangan sampai di awal-awal Ramadhan mengadakan buka bersama. Hal tersebut dapat menipiskan dompet Anda secara tidak sadar. Nikmati awal-awal Ramadhan bersama keluarga. Yang pasti tak mengeluarkan biaya saat berbuka.

Kalau Anda ingin sekali berbuka di luar, saran saya cuma satu. Jangan berburu takjil di pasar karena itu berbayar. Berburulah takjil di pom bensin yang cukup untuk mengusir dahaga. Kalau kurang puas satu pom bensin, cari lagi pom bensin lain. Atau bisa juga di masjid yang biasanya menyediakan takjil unlimited. Sekalian nge-charge iman.

Hindari keluar yang tidak penting pada malam hari. Kecuali jika Anda bertemu kolega kerja. Biasanya kalau bertemu kolega, kabanyakan si kolega kita yang bayarin makan atau minum.

Dia akan selalu berkata ketika hendak membayar, "Pakai uangku saja." hal tersebut mempunyai dua keuntungan bagi Anda. Pertama, Anda bisa menghemat, dan kedua silaturahmi semakin erat. Sesekali boleh keluar bersama teman. Tapi jangan keseringan.

Dompet Anda menjerit nanti. Lebih baik manfaatkan berada di masjid bersama para ustad desa dan para tetua dusun. Banyak ilmu yang bisa didapat dari sana.

Lakukan PPKM (Perbanyak Pemasukan dan Kalkulasikan Mandiri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x