Mohon tunggu...
Rizky Febrian
Rizky Febrian Mohon Tunggu... Seniman - Mahasiswa

Main game, Videography

Selanjutnya

Tutup

Music

Kajian Seni dan Design

29 Desember 2022   12:45 Diperbarui: 29 Desember 2022   12:49 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Ditugas akhir ini saya akan menulis tentang musik-musik yang saya sukai dan sering saya dengar. Disini banyak sekali hal yang saya sukai yang berhubungan dengan musik, baik itu musik tradisional maupun modern. Pertama saya akan menceritakan tentang hal yang saya sukai tentang musik tradisional, berhubung saya lahir di Tanah Sunda yang adat istiadat nya sangat kental salah satunya yaitu kesenian musik tradisionalnya, contoh ada musik gamelan, disini kenapa saya mengambil contoh musik gamelan karena saya sidari kecil sudah menggemari bermain musik gamelan di daerah tempat saya tinggal, kenapa saya menggemari musik tradisional mungkin sudah adat dari orang tua saya yang suka juga musik tradisional, ia hebat bermain semua alat musik gamelan jadi saya merasa tertarik juga dengan musik gamelan, pembawaan musik yang sangat menyejukan hati ketika mendengarnya, tabuhan dari seluruh alat musik ketika dimainkan itu menjadi satu keseluruhan yang indah bagi saya sendiri. 

Suatu saat saya pernah ikut bermain gamelan bersama satu SMA di daerah saya, disitu kami bermain Tarawangsa, yaitu musik yang biasanya dimainkan untuk persembahan kepada leluhur di daerah kami, sebagai rasa hormat kepada orang terdahulu kita, namun disitu kami memainkannya bukan untuk tujuan tersebut namun kita dipercayai untuk membawakan musik tarawangsa tersebut bertujuan untuk berada di acara GALAKSI 2019 di Sumedang, GALAKSI ( Gebyar Aksi Karakter Siswa Indonesia ), Itu sebuah acara dimana adanya aksi penanaman karakter yang baik bagi siswa siswi di indonesia khususnya di jawa barat, dan di situ juga terdapat banyak lomba lomba yang di selenggarakan.

Itu beberapa dokumentasi pada saat acara diselenggarakan, tepatnyapada tanggal 12 November 2019

Lanjut disini saya akan menceritakan hal yang saya gemari di bidang musik modern, musik modern adalah jenis musik yang memperoleh suatu sentuhan instrumen dan teknologi. Yang tidak berasal dari musik masyarakat yang ada. Jenis musik ini hadir sesudah zaman musik klasik, dan selalu mengalami perkembangan sampai sekarang ini. Secara umum pengertian musik modern itu sendiri musik yang mendapatkan sentuhan dari instrument dan juga teknologi dan tidak terlahir dari musik masyarakat adat. Musik modern ini muncul setelah era musik klasik yang terus berkembang hingga saat ini. Definisi musik modern ini juga dipengaruhi oleh perkembangan dari teknologi dari bidang musik.

EDM memang belum akrab di telinga para pecinta musik pada masa itu. Tapi ada satu produser dari Australia, Val Stephen yang merilis satu album penuh EDM di era itu. Setelah itu, banyak produser musik yang mulai memanfaatkan instrumen elektronik walau lebih digunakan untuk mengatasi masalah teknis suara. Pada tahun 1970an terkenal banget sebagai kejayaan musik disko. EDM yang terkenal pada masa itu pun merupakan musik elektronik disko. Penyanyi seperti Donna Summer atau band seperti Bee Gees adalah artis disko yang populer di era ini. Mereka mulai menggunakan sentuhan musik elektronik di jaman itu. Enggak cuma musik disko, muncul pula subgenre synthpop yang mulai diminati masyarakat.Artis: Di era 70an mulai muncul juga band yang berfokus pada musik elektronik dan synthpop yaitu Kraftwerk asal Jerman yang terkenal dengan salah satu albumnya, Autobahn (1974).

Saya ingin memberikan pengalaman saya disini terkait membuat musik elektronik, saya baru baru ini mengulik daw flstudio untuk membuat musik yang elektronik dengan hanya bermodalkan laptop, saya sempat iseng membuat film pendek yang berjudul SANDEKALA yang bertemakan horror, saya juga coba coba membuat karya musik sendiri untuk mengisi backsound film pendek tersebut

untuk lebih lanjutnya karya tersebut ada di instagram saya @ryzkfebriann,

Mungkin hanya sekian yang dapat saya ceritakan semoga dapat menginspirasi hehe Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun