Mohon tunggu...
Pendidikan

Bikin Guru Melek IT

20 Agustus 2018   02:19 Diperbarui: 20 Agustus 2018   03:13 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selamat malam semunya,

perkenalkan nama saya Rizky Amallia Eshi. Saat ini saya terdaftar sebagai guru bahasa Jepang di SMK Negeri 5 Kota Bekasi. Selain mengajar, saya juga seorang ibu dari tiga orang anak dan seorang istri dari satu suami. Asal saya dari Bandung, tapi kebutuhan mentransfer ilmu yang sesuai dengan latar belakang keahlian saya saat duduk di bangku kuliah memaksa saya hijrah ke kota yang cukup panas hawa udaranya sejak tahun 2010.

Saat ini, selama 10 hari, sejak tanggal 16 - 24 Agustus 2018, kesibukkan saya bertambah dengan mengikuti sebuah training pendidikan online. Sebuah training yang bernama "E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) angkatan 6 tahun 2018 materi Prezi, Quiz Creator dan Flipbook" ini diprakasai oleh seorang guru bernama Bapak Sukani. 

Adapun alasan saya mengikuti training ini, meski harganya cukup menguras isi dompet saya sebagai guru yang belum bersertifikasi, tapi saya yakin ilmu yang saya dapatkan akan jauh lebih banyak dan jauh lebih bermanfaat dibandingkan itu semua. Selain itu, saya bersyukur karena masih diberi rasa penasaran sehingga mau belajar dan mengembangkan kemampuan diri saya terutama di bidang IT yang nota bene ternyata saya masih jauh jika dibandingkan dengan Pak Sukani. Alasan karena ingin belajar dan menambah ilmulah yang membuat saya mengikuti training ini. Apalagi jika ilmu tersebut bisa saya gunakan untuk membuat media ajar saya lebih menarik dan disukai siswa hingga siswa tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang yang bukanlah bahasa ibu mereka.

Jujur saja, meski seringkali direpotkan dengan tugas yang bejibun, tapi saya juga tidak bisa menutup mata betapa saya kagum dengan kecanggihan IT yang ternyata menarik dan belum saya ketahui saat ini. Semoga ilmu yang saya dapat training kali ini bisa saya aplikasikan saat membuat media ajar, bahan ajar maupun soal untuk siswa yang berada di kelas jarak jauh sehingga mereka lebih termotivasi lagi untuk mempelajari bahasa Jepang. Saya juga berharap dengan ilmu yang saya dapat dari training ini, saya bisa membagikannya dengan rekan saya sehingga mereka pun ikut termotivasi untuk menjadi guru yang lebih baik lagi.

Jadi, mau jadi guru yang melek IT? Ayo, ikuti DOGMIT!

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun