Rizky Adi Wibowo

MY LIFE IS ADVENTURE !

Hanya Sekedar Berkunjung ke Rumah Mu ya Allah

12 Juni 2013   10:22 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:09 500

"Hanya Sekedar Berkunjung ke Rumah Mu Ya ALLAH"

Keindahan adalah sebuah keadaan yang didalamnya memiliki suasana yang megah,layak dipandang,layak dikunjungi,dan layak untuk dikenang di sepanjang hidup kita agar kita selalu ingat dan mendapatkan pengalaman tersendiri dalam kehidupan kita. Seperti pengalaman saya dan liburan sekaligus menjalankan ibadah Umrah di Tanah Suci atau "Berkunjung Ke Rumah Allah". Pada tanggal 15 April 2011 kami sekeluarga diizinkan oleh Allah SWT untuk mengunjungi rumahnya,diizinkan untuk lebih mendekatkan diri kepadanya,dan diizinkan untuk melihat keindahan Ka'bah, Subhanallah.

Saat dibandara Soekarno-Hatta

Pagi hari kami berangkat untuk berkumpul di bandara Soekarno-Hatta untuk menerima Passport,tas yang berisikan buku doa, dan nametag,dan berkumpul juga untuk membaca doa bersama sebelum berangkat dan pengarahan sedikit agar tidak ada kesalahan - kesalahan saat ingin berangkat dan tiba nanti. Kami take-off pukul 10.00 WIB perjalanan menuju Jeddah sangat jauh sekali sehingga harus menempuh waktu selama kurang lebih 10 jam.

Saat Tiba di International Airport King Abdul Aziz

Alhamdulillah kami telah tiba di International Airport King Abdul Aziz di Jeddah kira - kira pukul 20.00 malam. Saat di dalam pesawat kami tidak bisa berhenti berdoa agar selamat sampai tujuan dan dapat menjalankan ibadah dengan khusu, rombongan sudah berganti pakaian ihram (yaitu pakaian kain yang dipakai jama'ah haji saat ingin melakukan rukun Tawaf) karena setelah sampai bandara King Abdul Aziz kami harus langsung naik bus dan melanjutkan perjalanan menuju kota Mekkah. Kota Mekkah adalah sebuah kota yang sangat suci dan sebuah kota tempat didirikannya Masjidil Haram sebuah masjid yang sangat indah yang didalamnya terdapat Ka'bah, sebuah bangunan yang suci yang didatangi oleh ratusan bahkan ribuan umat muslim mengitari sambil berdoa kepada allah,mencium dan memeluk bangunan tersebut.

Akhirnya kami telah sampai di Kota Mekkah dan bergegas untuk menuju hotel dan melakukan bersih - bersih diri lalu menaruh barang berharga karena kami akan melaksanakan ibadah utama kami yaitu Tawaf mengitari Ka'bah.

13710066741946838190
Saat Tawaf Mengitari Ka'bah(Masjidil Haram)

Berserah diri memohon ampunan kepada ALLAH SWT atas dosa yang telah saya perbuat selama ini, memohon kepada ALLAH SWT agar kedua orang tua saya bisa terus sehat dan mendapingi saya selalu dan berdoa kepada ALLAH SWT agar mengizinkan saya membahagiakan Orangtua saya saat saya sukses nanti. Semua itu adalah sebagian doa saya yang saya ucapkan saat saya mengitari Ka'bah yang sangat suci. Setelah kegiatan tawaf selesai saya dan rombongan lainnya melakukan Tahalul(sebagian dari rukun ibadah setelah tawaf yaitu memotong rambut),lalu setelah itu kami kembali menuju hotel untuk beristirahat.

Di pagi hari saya dan keluarga berniat untuk berjalan melihat indahnya Kota Mekkah, harum udara yang beda, sejuk,indah,dan sangat luar biasa untuk dinikmati.

Saat Ingin Menikmati Indahnya Kota Mekkah

Karena ingat dengan kerabat dan keluarga besar, kami mengitari pusat oleh - oleh untuk membawakan mereka sedikit bingkisan dari kami. Tidak terasa berputar - putar Kota Mekkah waktu solat dzuhur pun telah tiba, dan kami melaksanakan solat dzuhur berjamaah di Masjidil Haram, setelah solat kami menikmati segarnya air zam - zam lalu bergegas untuk mengelilingi,memeluk ka'bah dan bersujud juga berdoa kepada ALLAH SWT didepan ka'bah. Inginku dahulu mencium Hajar Aswat tetapi tidak berhasil karena mungkin belum rezeki diriku.

13710068611032194604

Masjidil Haram (Ka'bah)

Setelah kurang lebih 3 hari kami di Mekkah, sudah saatnya kami meninggalkan kota indah ini, dalam hati saya mengucapkan kata "selamat Tinggal"yang dalam kepada kota ini. Karena saya tidak akan tau apakah saya dapat kembali lagi. Setelah Kota Mekkah, kota selanjutnya adalah Kota Madinah yaitu sebuah kota suci selain kota Mekkah yang sebuah masjid yang indah yang megah selain Masjidil Haram, yaitu Masjid Nabawi, iya itulah tujuan ibadahku selanjutnya.

Bersiap - siap untuk menuju Kota Madinah

Kota Mekkah dan Madinah tidak terlalu jauh, kami harus menempuh perjalanan selama 2 jam, dan sepanjang perjalanan saya beserta keluarga dan rombongan jama'ah bersalawat dan mendengarkan dakwah dari pembimbing tour kami tentang sejarah - sejarah islam. Tidak terasa waktu pun berasa begitu cepat, kami sudah tiba di Kota tujuan kami yaitu Kota Madinah, kami bergegas untuk memasuki hotel istirahat sejenak,mandi,lalu makan dan melanjutkan ibadah menuju Masjid Nabawi. Sesampainya saya berdiam diri karena saya tidak sanggup meluapkan rasa kagum saya terhadap indahnya bangunan dari masjid ini. Sungguh indah sekali masjid ini.

Masjid Nabawi

Lalu saya melakukan solat magrib berjama'ah karena pada saat itu sudah tiba waktu solat magrib, setelah solat magrib saya melakukan tadarus Al-quran sambil menunggu waktunya solat isya. Setelah tiba solat isya saya akhiri tadarus saya dan melaksanakan solat isya berjama'ah. Lalu setelah itu saya diajak oleh ayah saya untuk mengunjungi makam Nabi dan Rasul , yaitu Nabi Muhammad SAW sungguh harum dan indah sekali makam tersebut, lalu saya tidak lupa berdoa sebelum meninggalkan makam tersebut. Tidak terasa kami sudah dua hari dikota ini, selanjutnya kami akan hijrah dan pindah menuju Kota Jeddah. Kota jeddah adalah sebuah kota International yang berada di Arab, tidak hanya orang muslim saja yang bisa masuk tetapi nonmuslim pun boleh berkunjung. Kami dikota ini hanya singgah sebentar untuk membeli oleh - oleh dan memutari tempat demi tempat di Kota ini karena esok harinya kami akan meninggalkan negara ini dan kembali ke negara tercinta kami yaitu Indonesia. Negara tempat kelahiranku dan keluargaku. Tidak terasa sudah tiba waktunya untuk meninggalkan negara ini, pasti kami akan rindu,akan bermimpi dan memiliki keinginan untuk kembali lagi, pasti.

Semoga pengalaman saya ini bisa diterima oleh banyak orang, dan membatu kalian yang rindu akan berkunjung ke Tanah Suci. Dan membantu kalian yang ingin mengetahui indahnya Kota Mekkah,Madinah,dan Jeddah juga keindahannya Ka'bah.