Mohon tunggu...
Rizky Handika Ramadhan
Rizky Handika Ramadhan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Berbagi untuk hidup yang lebih baik

Hidup ini perlu banyak proses bukan banyak protes

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia Melalui Katalog 100 #UKMJuWAra

27 November 2021   06:05 Diperbarui: 27 November 2021   07:15 195 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
DokumentasiUKMJuWAra

Indonesia punya berjuta karya dan keberagaman produk lokal. Saat ini, banyak pelaku umkm yang sedang menghadapi tantangan di dalam bisnisnya karena pandemi COVID-19 yang berdampak banyak pada kestabilan ekonomi bangsa kita. Meski begitu, untuk menghadapi situasi ini, kita justru harus bangkit dan bergerak untuk kembali memulihkan keadaan ekonomi negara kita.

Kecintaan dan kebanggaan terhadap Indonesia perlu diwujudkan dalam sebuah tindakan nyata. Salah satunya, dengan membantu meningkatkan perekonomian bangsa di masa pandemi ini. Bentuk yang paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri.

Sebagai wujud nyata dalam mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. WhatsApp dan UKMIndonesia.id yang didukung oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia menghadirkan e-Katalog 100 #UKMJuWAra untuk membantu mempromosikan produk-produk umkm hingga ke pelosok negeri. Katalog 100 #UKMJuWAra 2021 pada www.ukmjuwara.id sebagai portal promosi brand-brand lokal umkm ini hadir untuk mendukung gerakan #BanggaBuatanIndonesia.

Dikemas dalam pendekatan Conversation Commerce atau c-commerce, katalog ini dapat memberi kenyamanan bagi konsumen Indonesia dalam melihat, memilih, dan berinteraksi dengan para #UKMjuWAra melalui chat WhatsApp yang dapat menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih akrab dan personal.

Melalui e-Katalog 100 #UKMJuWAra ini, WhatsApp dan ukmindonesia.id ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja produk umkm yang tersebar di seluruh pelosok negeri secara online dari rumah saja. Dengan membeli produk buatan Indonesia, kita secara tidak langsung sudah membantu umkm dalam meningkatkan penjualan dan ikut serta menggerakkan roda perekonomian nasional.

Jangan pernah ragu untuk mendukung, menggunakan dan mempromosikan produk-produk lokal. Apapun itu jenisnya, mulai dari makanan, minuman, produk fashion, produk kerajinan tangan, elektronik, produk digital, bahkan sampai otomotif buatan dalam negeri, wajib kita dukung. Bahkan, sebisa mungkin #BanggaBuatanIndonesia haruslah menjadi gaya hidup kita saat ini.

Katalog 100 #UKMJuWAra adalah 100 produk ukm pilihan yang sudah melalui proses kurasi dan memiliki sandardisasi produk yang baik. Di 100 #UKMJuWAra terdapat beberapa kategori yang bisa memudahkan kita mencari produk umkm sesuai kebutuhan.

Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah makanan dan minuman yang tidak hanya punya rasa yang lezat saja, tapi juga bisa menyehatkan. Seperti Naturale Honey dari umkm di Bekasi Jawa Barat yang menyediakan berbagai macam jenis Madu. Umkm yang didirikan oleh Sherly Igarsia ini menyediakan berbagai varian madu seperti Red Honey, Black Honey, dan Hampers Madu yang tentunya dibuat dengan madu asli pilihan terbaik. Cocok sekali untuk kita yang ingin tetap menjaga kesehatan pada masa pandemi saat ini. Madu Naturale Honey juga mengandung kadar air yang rendah, tidak asam, tidak ada aroma menyengat, dan terbukti dapat membantu menormalkan gula darah, tekanan darah, kolesterol dan asam lambung.

Ada juga produk dari umkm Unikayo asal Payakumbuh Sumatera Barat. yang menyediakan beragam makanan tradisional dengan kualitas terbaik. Umkm yang didirikan oleh Witrya Dameiyanti menjual variasi produk seperti bumbu rendang instan, bumbu masak rendang, rendang daging sapi, rendang jamur suwir, rendang jengkol, rendang paru kering, rendang suir ayam, rendang suir sapi, dan keripik rendang telur. Produk makanan tradisional ini dapat bertahan selama 6 bulan yang dibuat dengan bahan-bahan seperti daging sapi, bumbu, dan rempah lokal dengan kualitas terbaik dan tanpa MSG dan pengawet. Dengan harga yang bersaing serta dikemas dengan cara yang higienis dan praktis, cocok untuk kita yang rindu dengan rasa rendang asli tanah minang dengan bahan-bahan lokal terbaik serta kemasan yang higienis dan bisa dibawa untuk travelling. Unikayo tentunya sudah memiliki sertifikasi halal serta pernah mendapatkan sertifikat marandang sedunia.

Buat kita yang sedang mengurangi konsumsi gula, produk Madame Mbois dari Desa Pangebatan Jawa Tengah bisa menjadi pilihan. Madame Mbois menyediakan berbagai macam produk makanan ringan. Umkm yang didirikan oleh Irma Kusmayanti ini menyediakan berbagai varian makanan ringan sepert Brownies Tempe Cookies, Brownies Tempe Panggang, Ginger Snack, Banana Chips Gara, Sagon Kelapa, dan Florentine yang tentunya semua produk tersebut merupakan gluten free, sehingga sangat direkomendasikan untuk kita yang sedang mengurangi konsumsi gula. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan