Mohon tunggu...
Rizky Putra
Rizky Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas FISIP/ Jurusan Ilmu Komunikasi/ Universitas Nasional

Mahasiswa tahun 2018 di Universitas Nasional Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

E-Commerce Blibli, Galeri Indonesia untuk Seluruh UMKM Indonesia

29 Juli 2021   01:50 Diperbarui: 29 Juli 2021   01:53 101 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
E-Commerce Blibli, Galeri Indonesia untuk Seluruh UMKM Indonesia
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dalam pembinaan Willy Yatno dari blibli, blibli merupakan bidang e-commerce yang tidak pilih-pilih berbagai wilayah atau memilih seluruh wilayah Indonesia bagi siapapun yang mau join untuk meningkatkan penjualan. Blibli merupakan E-Commerce dengan konsep Mall Online pertama dan salah satu yang terbesar di Indonesia yang berkomitmen untuk mendukung dan memberdayakan masyarakat di Indonesia. Barang-barang di E-commerce tersebut selalu asli dan tertata rapi, berbeda dengan pasar di blibli serba barang original.

Blibli memiliki 26 juta pelanggan rutin dengan 160 juta traffic perbulan serta 68brand berbagai barang dengan 20 lebih gudang di seluruh Indonesia. Blibli sudah mendukung pengembangan UMKM Indonesia sejak tahun 2014, baik dalam online maupun offline, terutama dalam pandemi Covid-19 kebanyakan masyarakat lebih mengandalkan online. Blibli sendiri memiliki kategori khusus UMKM yaitu Galeri Indonesia bahkan Blibli juga memiliki university yaitu Blibli university. Blibli juga sudah berkolaborasi dengan pemerintah, perbankan, komunitas UMKM dan universitas.

Pada tahun 2018, Blibli mendapatkan penghargaan Bank Indonesia Award dalam kategori penyelenggara platform digital teraktif dalam mendorong pengembangan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia melalui pemanfaatan platform perdagangan berbasis elektronik. Karena berkat bantuan tim pendamping blibli, Bank Indonesia memandangi bahwa blibli yang paling aktif untuk membantu UMKM.

Era sekarang di zaman digital ini, masyarakat lebih memilih berbelanja di E-Commerce, karena menurut masyarakat, berbelanja melalui E-Commerce bisa menghemat biaya, atau tidak perlu lagi repot-repot pergi ke mall karena membayar uang bensin dll. Berbelanja di E-Commerce juga sangat nyaman, karena kita hanya perlu mengandalkan alat komunikasi kita untuk membeli suatu barang yang kita minati. Di E-Commerce juga memiliki banyak variasi pilihan. Nilai tambah layanan seperti gratis ongkos kirim, diskon tiap bulan, cashback, dll juga sering hadir di E-Commerce dan hemat waktu apabila kita memiliki kesibukan lain kita tidak perlu repot-repot pergi ke mall atau tempat offline lainnya.

Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat kini lebih beralih berbelanja ke online, karena penjualan online kini merupakan suatu keharusan bagi UMKM sebagai new normal. Selama new normal, penjualan E-Commerce meningkat lebih drastis ketimbang sebelumnya, contoh seperti supermarket blibli yang meningkat 3x lipat dalam kebutuhan pokok.

Blibli juga memiliki beberapa produk-produk untuk rekan-rekan disabilitas. Barang-barang tersebut juga terlihat seperti barang pada umumnya yang biasanya dibeli oleh rekan non-disabilitas. Blibli tidak asal memandang usia atau kesuksesan seseorang yang ingin membuka usaha di blibli, tetapi apabila seseorang tersebut mau berusaha saat kesuksesan akan menghampiri rekan-rekan disabilitas yang berusaha menjual beberapa produk mereka tersebut, Willy akan tingkatkan di blibli.com.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x