Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tetap Tenang bersama Keluarga dengan Kerja dari Rumah

2 April 2020   09:40 Diperbarui: 2 April 2020   15:54 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Tenang bersama Keluarga dengan Kerja dari Rumah
Bupati Berau, H. Muharrim, dan istri di sebuah kunjungan

Berada di situasi seperti sekarang ini hanya menimbulkan kecemasan dan keresahan tiap harinya. Mengapa tidak? Setiap harinya berita buruk terus bermunculan, ratusan ribu jiwa telah terjangkiti virus corona, dan ribuan orang telah meninggal dunia. Angka-angka kematian dan kasus baru di layar kaca selalu saja naik dan belum ada tanda-tanda penurunan.

Di Indonesia, upaya untuk mengatasi penyebaran virus corona ialah dengan pembatasan sosial atau physical distancing. Salah satu metodennya ialah dengan memberlakukan kerja di rumah atau work from home. Beberapa daerah seperti Jakarta dan Surabaya telah menerapkan kerja dari rumah, begitu pula bagi Kabupaten Berau.

Di Kabupaten Berau, kerja dari rumah diberlakukan untuk PNS/ASN di lingkungan OPD Berau. Hal ini diambil Bupati Berau, H. Muharram setelah melakukan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan di Berau, agar Berau dapat mengurangi risiko penularan virus corona.

Dengan kerja dari rumah, maka aktivitas sehari-hari akan mengalami perubahan dan adaptasi. Namun terdapat beberapa manfaat dan hikmah yang bisa diambil dari kerja dari rumah. Salah satunya ialah sebagai tempat berlindung yang paling aman.

Tempat berlindung tidak hanya dari virus corona, namun juga dari tingkat kecemasan dan keresehan yang ditimbulkan dari efek pemberitaan dan kondisi pandemi hari ini. Keluarga adalah dukungan utama bagi setiap individu, karenanya dengan kerja dari rumah, kita akan mendapatkan dukungan dan kehangatan keluarga, serta juga dapat mencurahkan kasih dan sayang terhadap keluarga, yang selama ini terbatasi akibat rutinitas sehari-hari.

Pentingnya keluarga juga dirasakn oleh Bupati Berau H. Muharram. Dirinya mengakui bila keluarga selalu mendukungnya, dan karenanya dirinya bisa ada di posisi hari ini. Sebagai informasi, sebelum menjabat sebagi Bupati Berau, H. Muharram ialah seorang guru matematika SMA di Berau, kerja keras dan dukungan keluargalah yang mampu melecutkan semangat dan juga memberikan ketenangan saat ujian datang menghadang.

Dari sini kita belajar, bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting, dan karenanya kerja dari rumah memberikan kesempatan kepada kita untuk kembali mendekatkan diri dari keluarga, serta untuk menenangkan  diri sejenak dari kekacauan dan hiruk pikuk dunia di tengah pandemi ini.

VIDEO PILIHAN