Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Operator Bandara Kalimarau Siapkan SOP Hadapi Corona

23 Maret 2020   20:11 Diperbarui: 23 Maret 2020   20:20 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Operator Bandara Kalimarau Siapkan SOP Hadapi Corona
dok.istimewa

Saat mengunjungi Bandara Kalimarau beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Berau, Bupati Berau H. Muharram diminta untuk dicek suhu terlebih dahulu oleh petugas operator Bandara Kalimarau. 

Pengecekan suhu adalah salah satu langkah yang tertuang dalam SOP pengetatan pengamanan di Bandara Kalimarau. Langkah lainnya ialah menanyakan riwayat berpergian penumpang yang berangkat dan tiba di bandara. Kunjungan ini menjadi bukti bila Pemerintah Kabupaten Berau benar-benar bersungguh-sunggh dalam melawan pandemi corona

Hal ini menjadi rangkaian peristiwa yang tidak terputus, setelah beberapa pekan sebelumnya pemerintah pusat mengumumkan kasus pertama positif corona. Pemerintah daerah bergerak cepat melakukan penanganan, seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau hari ini.

Selain memperketat pintu-pintu masuk dan keluar, Pemerintah Kabupaten Berau juga mengambil beberapa langkah lainnya. Meliburkan sekolah, menolak pemberian izin untuk acara-acara yang melibatkan massa dalam jumlah besar, dan memberlakukan kerja dari rumah bagi karyawan PNS dan ASN di lingkungan OPD Berau. 

Langkah-langkah preventif ini juga diikuti oleh langkah-langkah yang sifatnya kuratif. Dalam rapat penanganan corona di kantor Bupati Berau pada (17/3) lalu, disepakati bahwa RSUD yang ada di Berau akan dijadikan RS rujukan bagi pasien positif corona, berbagai kebutuhan dan keperluan fasillitas dipersiapkan demi menunjang operasional penanganan corona.

Tentu saja berbagai langkah yang diambil pemerintah ini tidak akan ada artinya, apabila tidak diikuti oleh partisipasi masyarakat. Masyarakat tentu harus mengikuti arahan dan anjuran dari pemerintah, karena virus corona memiliki tingkat penyebaran yang tinggi maka dengan peran aktif masyarakat, tingkat penyebaran dapat ditekan. 

Hal-hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menurunkan tingkat penyebaran diantaranya senantiasa mencuci tangan, tidak melakukan kegiatan di luar rumah dan menghindari keramaian serta menjaga pola hidup dan gaya hidup yang bersih dan sehat. Harapannya tentu wabah corona ini akan berakhir, dan masyarakat dapat beraktivitas seperti semula.

VIDEO PILIHAN