Mohon tunggu...
Rizki sahibullah
Rizki sahibullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

penerima Beasiswa unggulan Kemendikbud RI tahun 2018 Mahasiswa Sekolah Tinggi pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Memanfaatkan Waktu Luang di Masa PPKM

13 Agustus 2021   17:55 Diperbarui: 13 Agustus 2021   17:57 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam masa pandemi saat ini, banyak sekali mahasiswa yang tidak memiliki pemasukan yang banyak. oleh karna itu saya memanfaatkan masa luang di saat PPKM ini untuk mencari pemasukan. baik dari berjualan produk makanan online, sehingga mendapatkan pemasukan yang lumayan disaat kondisi saat ini. 

bergantung dengan orang tua sangat lah tidak enak. maka dari itu saya sedikit meringankan beban orang tua saya dalam memulai bisnis kecil saya saat ini. dalam target market saya yaitu mulai dari anak-anak muda sampai dewasa. dibilang laris sih ngga tapi selalu ada aja yang beli. seperti teman-teman dan dari media sosisal . bersyukur atas apa yang di beri tuhan sehingga bisnis kecil saya masih tetap berjalan sampai saat ini. 

oh iya bisnis ini saya mulai dari tahun 2020 tepatnya pada awal masa pandemi covid-19 dimulai di indonesia. berkat bisnis kecil ini saya tidak pernah lagi untuk meminta uang jajan kepada orang tua malah saya sedikit membantu memberikan hasil bisnis saya kepada orang tua saya.

 bangga dalam hati kecil saya bisa bertahan dalam kondisi saat ini tanpa mengandalkan orangtua saya di kampung . saya juga berhasil mengajak teman saya untuk berbisnis bareng saya. awal dari di di PHK dari pekerjaan nya . sampai saat ini dia masih bisa mendapat kan pemasukan dari bisnisa yang kita jalani bersama . 

bermodal kan keyakinan dan keberanian sehingga bisnis ini tetap berkembang dan mencapai pada target pasar yang tepat . bisnis saya adalah berjualan brownies fudge . tentu nya untuk harga masih sangat terjangkau. sangat ramah di kantong dengan ukuran 18x18 cm. untuk rasa dari berbagai macam. yaitu. 

  1. almond brownies 
  2. original brownies
  3. choco chips brownies
  4. green tea chocolate brownies 
  5. coklat cruch browies
  6. chesee brownies

dari semua varian di atas semua menjadi best seller dari komsumen. sangat puas ketika prosuk sangat disukai oleh komsumen. riview sangat baik dari konsumen merupakan kepuasan yang dimiliki ketika mereka menerima dengan baik apa yang saya buat. kalau dingat-ingat awal awal berdagang sangat lah susah mencari 1 pembeli , tapi karna dari rivew dan promosi antar mulut lah menjadikan konsumen datang dan membeli sampai repeat order berkali-kali . 

ada juga yang sampai pesan 50 box dalam satu kali pesan. bahkan ada juga yang pesan 60 box, sebangga itu dengan pencapaian diri sendiri untuk membiayai hidup sendiri dan bisa membantu teman yang terdampak PHK, dengan ini bisa bertahan hidup dan melanjutkan kuliah nya dengan hasil berjualan . sangat emosional sih kalau di ingat-ingat. semoga aja untuk kedepan nya masih banyak yang harus di perbaiki untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. 

hasil dari jualan saya 20 % nya saya donasikan pada panti asuh yang berada di pamulang. sedikit membantu mereka dalam pangan walaupun tidak banyak. semoga menginspirasi teman teman semua ya . salam hangat dari saya 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun