Mohon tunggu...
rizki safitri
rizki safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Teknik Geologi 2018 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Undip Berikan Inovasi Melalui Peta Administrasi dan Peta Fasilitas Umum

2 Agustus 2021   05:46 Diperbarui: 2 Agustus 2021   06:29 90 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Berikan Inovasi Melalui Peta Administrasi dan Peta Fasilitas Umum
Penyerahan Peta Administrasi dan Peta Fasilitas Umum Kepada Balai Desa (Dokumentasi Pribadi)

Bumiharja (24/07/2021), Batas administrasi dan fasilitas umum merupakan suatu permasalahan yang sering terjadi di Desa Bumiharja, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. Masalah ini berawal dari adanya konflik terkait batas antar desa dan pembangunan infrastruktur yang kurang tepat, sehingga menyebabkan suatu perdebatan antar warga. 

Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pemetaan batas administrasi dan pemetaan persebaran fasilitas umum yang ada di Desa Bumiharja. Hal tersebut dikarenakan pihak perangkat Desa belum mempunyai data shp terkait batas administrasi dan titik koordinat lokasi fasilitas umum. 

Kemudian dari data tersebut mahasiswa KKN TIM II Undip 2021 yang bernama Rizki Dwi Safitri menawarkan sebuah solusi melalui program kerja terkait pembuatan peta.

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang dapat diproyeksikan ke dalam bidang datar dengan skala tertentu. Peta juga dapat memuat informasi yang sangat penting tentang kondisi wilayah yang digambarkan. 

Dalam program kerja yang bertemakan SDGs (Suistainable Development Goals) peta termasuk ke dalam nomor 9 yaitu tentang Inovasi dan Infrastruktur yang berkelanjutan, sehingga peran peta sangatlah penting bagi suatu wilayah. Peta bisa disajikan dalam berbagai bentuk yaitu peta konvensional yang tercetak maupun  peta digital.

Pelaksanaan program pembuatan peta ini dilakukan pada sabtu, 24 Juli 2021 dengan memakai data citra ataupun melalui foto udara serta didukung dengan data yang diperoleh dari survey lapangan secara langsung. 

Sasaran dari program kerja ini adalah Perangkat Desa Bumiharja. Pembuatan Peta Administrasi dan Peta Fasilitas Umum bertujuan untuk memberikan gambaran data administrasi Desa Bumiharja dan sebagai alat bantu untuk menyediakan informasi yang berguna untuk perencanaan Desa Bumiharja dimasa mendatang. 

Dalam proses pembuatan Peta Administrasi dan Peta Fasilitas Umum Desa Bumiharja diperlukan beberapa tahapan yaitu melakukan survey pendahuluan terkait lokasi penelitian, pengambilan data primer (berupa pengambilan titik koordinat fasilitas umum dan titik koordinat batas desa), data sekunder, melakukan pengolahan (data sekunder, data lapangan, dan digitasi manual) menggunakan software ArcGIS, Melakukan asistensi bersama pihak perangkat desa dan melakukan layouting peta.

Pada Peta Administrasi Desa Bumiharja yang terkini memuat berbagai informasi yang sangat lengkap dibandingkan dengan Peta Administrasi Desa Bumiharja sebelumnya. 

Peta Administrasi Desa Bumiharja yang terkini berisi tentang informasi batas-batas administrasi suatu wilayah dari batas terkecil yakni batas RT, batas RW, batas desa, batas kecamatan, batas kabupaten dan batas provinsi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x