Mohon tunggu...
Rizki Ramadhan
Rizki Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ingin menjadi Pelatih Sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 oleh Mahasiswa UPI

25 Januari 2021   10:10 Diperbarui: 25 Januari 2021   10:35 150 0 0 Mohon Tunggu...

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa pandemi ini pertama kali terdeteksi di Wuhan, China yaitu pada tanggal 30 Desember 2019 yang ketika itu memberikan informasi berupa “pemberitahuan segera tentang pengobatan pneumonia dari penyebab yang tidak diketahui”. COVID-19 menyebar begitu cepat ke seluruh penjuru dunia dan berubah menjadi pandemi yang horor bagi masyarakat dunia.

Pandemi COVID-19 yang telah menyebar pada akhirnya membawa risiko yang sangat buruk bagi perekonomian dunia termasuk Indonesia khususnya dari sisi pariwisata, perdagangan serta investasi. Dampak dari adanya coronavirus ini sangat terasa oleh seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali oleh masyaraakat Indonesia.

Berbagai sektor terkena dampak dari pandemi ini, misalnya dari sektor pendidikan, seluruh siswa, guru, staff harus bisa beradaptasi dengan pembelajaran berbasis online atau daring, pada sektor perekenomian banyaknya yang tertunda bahkan mengalami kerugian yang besar mulai dari Sumber Daya Manusianya, keuangan dan produksi, sehingga banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan dan tutup nya sementara seperti pabrik, mall, dan pasar karena semuanya harus dilakukan dirumah atau biasa disebut dengan Work From Home (WFH). 

Kumpulan Kegiatan yang diikuti oleh Relawan Mahasiswa UPI bersama Satgas Kampung Nusantara, Lembur Tohada Lodaya di Wilayah RW 05 Dago Kecamatan Coblong, Kota Bandung adalah seperti berikut : 

1. Stay di Posko Utama

2. Penyemprotan disinfektan diseluruh wilayah RW 05 

3. Pendisiplinan penggunaan masker, ketika menemukan masyarakat yang tidak taat, maka akan diberikan pengetahuan akan pentingnya penggunaan masker, jika masyarakat tersebut tidak membawa masker, maka kami berikan masker. 

4. dan kegiatan lainnya. 

VIDEO PILIHAN