Mohon tunggu...
Rizki naufal
Rizki naufal Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang mahasiswa

Lahir di Nunukan( Kalimantan) pada 18 Maret 2003

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Terciptannya Masyarakat Madani yang Memperkuat Persatuan Bangsa

1 Desember 2021   23:07 Diperbarui: 1 Desember 2021   23:51 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebelum terjun ke Inti pembahasan, ada baiknya kita mengenal makna masyarakat madani terlebih dahulu. Pada umum masyarakat madani dapat kita artikan sebagai masyarakat yang berperadapan dalam membangun, memaknai dan menjalini kehidupan. 

Selain itu masyarakat madani juga merupakan masyarakat yang beradab, berperikemanusiaan, menguasai berbagai macam ilmu, dan unggul dan sangat cakap dalam teknologi. 

Sehingga tidak heran, jika masyarakat madani dapat menjadikan suatu negara menjadi maju, karena telah memiliki pegetahuan dan penguasaan ilmu yang luas, kecakapan dalam berteknologi dan adab yang baik kepada orang lain. 

Namun hal tersebut kembali kepada negara itu sendiri, mau memanfaatkan kemampuan masyarakatnnya untuk membangun negara dengan semaksimal mungkin atau tidak. 

Selain itu, masyarakat madani juga dapat diartikan sebagai masyarakat yang demokratis. Karena masyarakat madani juga melindungi warga negara dari perwujudan kekuasaan negara yang berlebihan, melalui perantara penyampaiaan aspirasi masyarakat.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, yang mana hampir semua kegiatan yang di lakukan tidak bisa di pisahkan dengan teknologi, sangatlah lebih memudahkan semua pekerjaan yang telah kita lakukan. 

Namun di sisi lain tekologi juga menjadi ancaman tersendiri bagi masyarakat di seluruh dunia. Karena dengan adanya teknologi memudahkan kita untuk mendapatkan informasi, mau itu informasi yang baik untuk kita muapun tidak baik, mau itu informasi yang sesuai dengan umur kita maupun tidak, selain itu dengan adanya teknologi juga memudahkan berbagai tindak kejahatan, seperti penipuan, penyadapan, penyebaran informasi palsu, dan pencurian informasi pribadi. 

Oleh karena itu kita membutuhkan suatu perkumpulan orang atau masyarakt yang cakap dalam berteknologi dan dapat membinbing masyarakat lainnya untuk menggunakan teknologi denagn benar dan baik. 

Dari sinilah salah satu peran masyarakat madani sangatlah di perlukan, selain menjadi sekumpulan orang yang dapat membantu masyarakt lainnya cara menggunakan teknologi yang benar dan baik, juga berperan sebagai manyaring informasi apabila ada suatu kepalsuan atau kebohongan. 

Hal ini sangatlah penting untuk dilakuakan karena dengan pemahaman masyarakat tentang teknologi membuat masyarakt tidak mudah untuk di tipu dan juga penyarinagan informasi sangatlah penting untuk di lakuaknan, karena terkadang suatu perpecahan dan kesalahpahaman dapat bermula dari suatu kebohongan atau suatu informasi hoax. 

Dari sedikit pemaparan tersebut, dapat kita lihat peran masyarakat madani sangatlah penting untuk mempertahaankan persatuaan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan