Mohon tunggu...
Rizki naufal
Rizki naufal Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang mahasiswa

Lahir di Nunukan( Kalimantan) pada 18 Maret 2003

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenal Peran Santri dalam Masyarakat Indonesia

21 Oktober 2021   19:55 Diperbarui: 21 Oktober 2021   20:22 246 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Santri bukanlah hal asing lagi di telinga orang Indonesia, hal ini dapat di lihat dari banyaknya pondok pesantren yang dapat kita temukan hampir di setiap daerah di Indonesia. Nah di tulisan saya kali ini saya akan membahas sedikit tentang opini atau pandangan saya tentang peran santri.

Tapi sebelum sampai pada pembahasan tersebut saya akan memaparkan sedikit penjelasan tentang siapakah santri itu? Pada umumnya kebanyakan orang mendefinisikan santri sebagai seseorang yang sedang atau pernah melalui pendidikan di pondok pesantren. 

Namun disisi lain ada juga yang berpendapat bahwa seorang santri adalah orang yang ikut/manut (patuh) kiai, mau itu pernah belajar di pesantren maupun tidak. 

Sedangkan secara bahasapun terdapat berbagai macam pendapat yang berbeda juga, salah satunya mengatakan bahwa kata "santri" berasal dari bahasa Sanskerta yang berasal dari kata "shastri" yang memiliki akar kata yang sama dengan sastra yang makna kitab suci, agama, dan pengetahuan

Jika kita lihat santri memiliki peran yang cukup besar dan penting dalam masyarakat. hal tersebut, dapat dilihat melalui biasanya seorang santri diberi kepercayaan untuk mengurus suatu acara yang berkaitan dengan agama di desanya. 

Selain itu terkadang santri menjadi tempat masyarakat untuk menanyakan solusi dari suatu permasalahan terutama permasalahan agama. Pandangan masyarakat tentang seorang santri, terkadang melihat sosok santri itu sebagai seorang yang sholeh dan serba bisa dalam melakukan berbagai hal, terutama dalam urusan agama. 

Sehingga tidak heran apabila santri dipandang sedikit berbeda oleh masyarakat terutama dalam segi agama, padahal kenyataannya tidak semua santri serba bisa dalam melakukan berbagai hal, namun kenapa terkadang seorang santri yang tidak ahli dalam suatu bidang tapi tetap bisa menyelesaikan pekerjaan pada bidang tersebut dengan sangat baik? 

Tentu saja hal tersebut di karenakan seorang santri mempelajari sedikit tentang bidang tersebut sebelum terjun langsung untuk praktek, dan faktor yang membuat pekerjaan tersebut lancar tanpa kendala bahkan berlangsung sangat baik itu karena santri tersebut telah mendapat ridho dari gurunya, selain itu tentunya tidak lupa karena telah mendapat ridho Allah SWT.

Selain menilai santri sebagai seseorang yang serba bisa, masyarakat juga melihat santri sebagai seorang yang beradab baik, berakhlak baik dan sopan santun kepada siapapun. 

Hal tersebut di karenakan dari pendidikan santri yang selain berfokus kepada kitab-kitab ulama terdahulu dan Al Quran juga berfokus kepada penempaan perilaku atau adab santri kepada siapapun, agar nantinya di masyarakat dapat menjadi orang yang beradab kepada siapapun dan dimanapun dia berada, yang mana akhirnya dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. 

Selain itu, di dalam pondok pesantren santri juga di tanamkan sikap kebersamaan antara para santri, hal tersebut dapat di lihat dari hampir setiap kegiatan di pondok pesantren yang di lakukan dengan bersama-sama, mulai dari bangun tidur, makan, antri mandi, pelajaran, hingga tidur lagi. Dengan menanamkan sikap kebersamaan ini dapat menumbuhkan sikap persatuan di dalam diri setiap santri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan