Mohon tunggu...
Rizki Monika
Rizki Monika Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Prodi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tetap Mengabdi di Tengah Pandemi, Mahasiswi UNS Jadi Relawan Covid-19

15 Juli 2020   16:59 Diperbarui: 15 Juli 2020   17:02 13 2 0 Mohon Tunggu...

PACITAN-Pada masa pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung Universitas Sebelas Maret (UNS) memiliki kebijakan untuk tetap menyelanggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN yang diselenggarakan pada periode ini adalah KKN Relawan Tanggap COVID-19. 

Berbeda dengan KKN yang sebelumnya, KKN ini dilakukan secara individu dan berlokasi di daerah domisili masing-masing mahasiswa dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. 

Ribuan mahasiswa diterjunkan UNS ke daerah masing-masing untuk melaksanakan kegiatan KKN ini. Salah satunya adalah Rizki Monika Ratnasari. Mahasiswa program studi Kimia UNS ini melaksanakan KKN di RT 02 RW 05 Dusun Krajan, Desa Ngadirejan, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan. 

Dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Sahirul Alim Tri Bawono, S.Kom., M.Eng., mahasiswa ini menjalankan program kerja dengan tema Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19.

Kegiatan KKN COVID-19 ini berlangsung mulai tanggal 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan pemasangan banner waspada COVID-19 serta berbagi informasi seputar COVID-19. 

Informasi ini meliputi pengertian COVID-19 dan beberapa tips pencegahan  yang dikemas menarik dalam bentuk e-poster maupun video. Selain itu juga dibuat video tutorial pembuatan desinfektan sederhana yang diunggah di Youtube sehingga masyarakat yang dapat mengakses lebih luas tidak hanya warga RT 02 RW 05 saja.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya penggunaan masker. Sebanyak 30 paket masker yang terdiri dari masker kain dan leaflet yang berisi pentingnya penggunaan masker serta cara mencucinya dibagikan kepada warga RT 02 RW 05 Dusun Krajan, Desa Ngadirejan. 

Guna menerepakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilakukan dengan program pembagian sabun cuci tangan serta sosialisasi cara mencuci tangan yang benar dengan membagikan leaflet langkah cuci tangan menurut World Health Organization (WHO).

Dokpri
Dokpri
 Masyarakat menyambut dan menerima kegiatan KKN ini dengan baik. Dengan adanya kegiatan KKN Relawan Tanggap COVID-19 ini, masyarakat RT 02 RW 05 Dusun Krajan, Desa Ngadirejan, mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya COVID-19 sehingga lebih tertib dalam menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu kebutuhan masyarakat akan masker dan sabun cuci tangan menjadi terpenuhi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x