Mohon tunggu...
Bung Rizma
Bung Rizma Mohon Tunggu... Football Blogger - www.pengamatbola.id dan channel YouTube Bung Rizma

Blogger Pengamat Sepakbola sejak 2012 di blog www.pengamatbola.id. Analis Bola dalam program Football Insight di Berita Satu TV selama 5 tahun (2014 - 2019). Top ten Football Analyst di UC News tahun 2017. Analis di website sponsor salahsatu klub Liga Indonesia pada tahun 2015 dan 2019. Untuk kerjasama hubungi WA 081282126529 Saya pernah rutin tampil sebagai Analis dalam Program Football Insight yang tayang di Berita Satu TV selama 5 tahun (2014 - 2019) Semua ulasan saya bisa dibaca di Blog pengamatbola.id atau ditonton di channel YouTube Bung Rizma

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Euro dan Copa America, Babak Baru Ronaldo Vs Messi

16 Juni 2021   19:47 Diperbarui: 16 Juni 2021   19:53 129 5 0 Mohon Tunggu...

Ada yang istimewa dari penyelenggaraan Euro dan Copa America di waktu bersamaan. Ini menyangkut kiprah dua pesepakbola kegendaris yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Pelaksanaan Euro dan Copa America membuat publik sepakbola dunia menemukan satu lagi babak baru persaingan Ronaldo dan Messi. Ya, mau tak mau kita akan membandingkan bagaimana kinerja keduanya bersama timnas masing-masing.

Apalagi Ronaldo dan Messi punya banyak kesamaan dalam hal ini. Dua mega bintang ini sama-sama berstatus kapten tim dan melalui musim lalu tanpa gelar juara Liga Domestik di klub masing-masing.

Kesamaan lainnya, Ronaldo bersama Portugal dan Messi di Argentina sama-sama berada dalam grup maut. Portugal berada satu grup dengan Prancis dan Jerman sedangkan Argentina harus  berjibaku segrup dengan Chile dan Uruguay.

Soal perbandingan kinerja di timnas di waktu bersamaan, keduanya pernah melakoninya di tahun 2016. Kala itu Piala Eropa Prancis digelar berbarengan dengan Copa America Centenario di Amerika Serikat.

Kala itu Ronaldo dan Messi sama-sama membawa Portugal dan Argentina melaju ke partai puncak. Bedanya, Ronaldo berjaya membawa Portugal juara sedangkan Messi gagal membawa Argentina juara. Skor 1-0 untuk Ronaldo.

Kini keduanya dihadapkan pada situasi yang sama. Siapa yang akan lebih unggul? Well, saya menganalisis Ronaldo kembali lebih unggul.

Tanda-tanda sudah terlihat. Pada laga perdana Piala Eropa, Portugal menang 3-0 atas Hungaria dengan Ronaldo berkontribusi besar mencetak 2 gol. Disaat bersamaan, Argentina cuma imbang 1-1 meski Messi menyumbangkan 1 gol.

Apakah ini berarti Ronaldo akan berkiprah lebih baik di timnas daripada Messi? Sepertinya sih iya.

Apapun itu, mari kita nikmati persaingan dua pesepakbola legendaris ini. Usia mereka sudah tidak muda lagi dan rasanya Piala Dunia Qatar nanti akan jadi panggung terakhir mereka di sepakbola antar negara.

Piala Eropa dan Copa America ibarat pemanasan bagi Ronaldo dan Messi sebelum memasuki laga persaingan puncak di Qatar nanti. Enjoy it

VIDEO PILIHAN