Mohon tunggu...
Rizki Amalia
Rizki Amalia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hellow... welcome to me blok,me ikiii salam kenal semua.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keterkaitan Ilmu Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi dalam Ilmu Pengetahuan

29 September 2022   09:20 Diperbarui: 29 September 2022   09:30 101 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahukah kalian,Secara umum agama (religion) diartikan sebagai persepsi dan keyakinan manusia terkait dengan eksistensinya, alam semesta, dan peran Tuhan terhadap alam semesta dan kehidupan manusia sehingga membawa kepada pola bahwa agama yang menentukan perilaku dan tujuan hidup manusia.


Islam mendefinisikan agama bukan hanya berkaitan dengan spiritualitas atau ritualitas, namun agama merupakan serangkaian keyakinan, peraturan serta tuntutan moral bagi setiap aspek kehidupan manusia.termasuk ketika manusia berinteraksi dengan sesama manusia atau alam semesta.


Ekonomi, secara umum, didefinisikan sebagai hal yang mempelajari perilaku manusia dalam menggunakan sumber daya. Dengan demikian, ekonomi merupakan suatu bagian dari agama.

Dan juga menurut pendapat lain agama didefinisikan sebagai seperangkat kepercayaan dan aturan yang pasti untuk membimbing manusia dalam tindakannya terhadap Tuhan, orang lain dan terhadap diri sendiri. Ilmu ekonomi didefinisikan sebagai kajian tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang berguna untuk masyarakat. Sehingga ilmu ekonomi dapat dicakup oleh agama, sebab ia merupakan salah satu bentuk perilaku kehidupan manusia.

Contoh yang dapat kita ambil yakni memproduksi serta mendistribusikan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat seperti adanya pengandaian dan juga bank syariah ( BSI).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan