Mohon tunggu...
Rizki Darmawan
Rizki Darmawan Mohon Tunggu... Dokter Internship di salah satu Rumah Sakit Umum Daerah di Kalimantan Tengah

A Son, An Elder Brother and also A Doctor

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Ular dan Musim Hujan, Pencegahan serta Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular

15 Desember 2019   09:30 Diperbarui: 21 Desember 2019   08:55 914 8 1 Mohon Tunggu...
Ular dan Musim Hujan, Pencegahan serta Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular
Sumber: freepik.com

Pada beberapa bulan terakhir, sejak memasuki musim hujan kita sering mendengar kabar serangan ular di berbagai wilayah Indonesia. Hal tersebut merupakan hal yang biasa terjadi, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan keanekaragaman fauna yang termasuk diantaranya adalah banyak dan beragamnya jenis ular di seluruh negeri ini.

Pada umumnya, sebagian besar jenis ular di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia merupakan jenis ular yang tidak berbisa. Namun, terdapat beberapa jenis ular yang berbisa dan bila menggigit manusia dapat menimbulkan bahaya hingga mengancam nyawa.

Jenis ular yang berbisa biasanya berhabitat di hutan, semak-belukar, padang rumput luas, tepi sungai dan rawa, hingga laut. Ancaman gigitan ular biasanya timbul dari  sebagian kecil jenis ular yang mampu beradaptasi menempati daerah yang dihuni manusia hingga daerah pinggiran hutan yang dekat dengan permukiman manusia.

Namun, Hal yang berbeda dapat terjadi pada saat musim hujan. Pada saat musim hujan ular dapat muncul di tempat yang tidak biasa diluar habitat aslinya. Ular dapat berenang mengikuti naiknya aliran permukaan air pada saat peningkatan debit air sungai ketika hujan.

Hal tersebut menyebabkan ular dapat lebih sering muncul diluar habitat aslinya, terlebih ketika terjadi banjir, longsor dan bencana alam lainya.

Ular biasanya menyerang manusia saat bertemu jika merasa terancam, bisa dengan melilit atau menggigit bagi jenis ular yang tidak berbisa , atau mengigit dan menyuntikan bisanya bagi jenis ular yang berbisa.

Pencegahan

Ada berapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari ancaman gigitan ular. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) berikut berapa hal yang dapat diperhatikan untuk menghindari ancaman gigitan ular 

1.) Apabila melihat ular diluar rumah menghindarlah sejauh mungkin. Hindari kontak secara langsung. Jangan berusaha menangkap dan mengejar. Ular biasanya menghindari kontak dengan Manusia dan Mamalia besar lainnya;

2.)Apabila melihat ular didalam rumah, minta bantuan dengan menghubungi pihak yang berkewenangan atau yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup;

3.) Waspadalah bila berjalan di permukaan tanah dengan air tergenang atau mengalir dengan permukaan lebih tinggi dari kaki. Misalnya saat terjadi banjir atau saat menyusuri sungai/rawa;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x